Aksi Rombongan Sepatu Roda di Jalan Raya Dapat Perhatian Wagub

Rombongan sepatu roda di jalan raya melakukan aksi berbahaya di tengah jalan Gatot Subroto, Jakarta hingga Wagub angkat bicara

Aksi Rombongan Sepatu Roda di Jalan Raya Dapat Perhatian Wagub
Photo: @arizapatria

TRENOTO – Sebuah rombongan pesepatu roda viral di media sosial setelah aksinya melaju di tengah jalan raya. Langkah tersebut tentunya tidak bijak karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Dalam aksinya, para pengguna sepatu roda tersebut melaju dengan cepat di jalan Gatot Subroto. Meski mendapat teguran dari pengguna jalan lain, mereka tetap melakukan aksinya tanpa mengurangi kecepatan.

Aksi berbahaya itu pun langsung mendapat respon dari Ariza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dalam akun Instagram miliknya, Ia mengingatkan agar olahraga dilakukan di tempat yang telah disediakan sehingga tidak mengganggu fasilitas publik.

Photo : @arizapatria

“Banyak tempat bermain sepatu roda yang disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta, mulai dari fasilitas umum sampai Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA). Silahkan warga menyalurkan hobinya, dengan saling menghargai,” tulisnya dalam caption feed.

Ia pun menyebut bahwa aksi rombongan sepatu roda di jalan raya itu akan ditindaklanjuti karena lokasi untuk beraktivitas sudah disiapkan pemerintah. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak mematuhinya.

“Arogansi di jalan merugikan diri dan banyak orang,” tegasnya kemudian.

Photo : @arizapatria

Aksi arogan saat berolahraga sebenarnya bukanlah kasus baru di Indonesia, khususnya Jakarta. Salah satunya kasus yang pernah terjadi adalah arogansi pesepeda akibat memakan jalur di jalan utama Jakarta.

Ketika pandemi, sepeda menjadi sebuah hobi baru yang digemari masyarakat umum untuk menjaga imun tubuh. Sayangnya, para pesepeda seringkali melakukan hobinya secara bergerombol hingga menutup jalan.

Aksi tersebut tentunya sangat berbahaya dan dinilai tidak menghargai pengguna jalan lain. Tidak heran bila angka kecelakaan pesepeda karena tertabrak kendaraan lain di saat itu terbilang tinggi dibanding sebelumnya.

Kondisi tersebut pun menjadi viral dan berhasil membuat pemerintah DKI Jakarta melakukan pembenahan. Sejumlah ruas jalan kini telah disiapkan jalur khusus sehingga pesepeda bisa melakukan aksinya dengan lebih aman.

Tak hanya itu, sejumlah fasilitas lain juga diberikan untuk pesepeda. Salah satunya adalah diberikannya izin untuk membawa sepeda di MRT menggunakan beberapa gerbong khusus yang sudah disediakan.

Artikel Terkait