Drag Race Series VW 2022 Digelar Pakai Regulasi IMI

Drag Race Series VW 2022 akan digelar dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia

Drag Race Series VW 2022 Digelar Pakai Regulasi IMI
Photo: Istimewa

TRENOTO – Klub dan komunitas otomotif di Indonesia biasa melakukan beragam kegiatan untuk menjawab keinginan anggotanya. Salah satunya adalah beradu kecepatan di lintasan balap seperti yang dilakukan oleh beberapa klub VW di Indonesia.

Volkswagen Beetle Club (VBC), Volkswagen Van Club (VVC) serta Volkswagen Club Bandung (VCB) tengah bersiap menggelar Drag Race Series VW 2022. Ajang ini akan dilakukan dalam 3 seri dan telah masuk ke agenda nasional VW Indonesia Asosiasi.

Seri pertama telah digelar pada 20-21 Agustus 2022 di Lanud Rumpin, Kabupaten Bogor. Selanjutnya pada 22-23 Oktober 2022, seri kedua akan digelar dengan mengusung nama ‘Go and Fast’ dan berlangsung di sirkuit non-permanen Adhi City, Sentul, Jawa Barat.

Agar lebih terbuka dan ramai kompetisi tidak hanya memperlombakan kelas khusus VW. Pasalnya penyelenggara akan membuka kelas bagi peserta umum dengan kendaraan non-VW, baik roda empat maupun roda dua.

Photo : Istimewa

“Harapannya agar pesta drag race ini bisa diikuti dan dinikmati berbagai kalangan pesertanya nanti. Sehingga memuaskan banyak pihak,” jelas Harvyanto, Ketua Pelaksana VVC Go and Fast sekaligus Kepala Bidang Otomotif VVC.

Meski hanya dilakukan oleh klub, bukan berarti balap tidak memiliki persyarakat ketat dalam pertandingan. Pasalnya event akan dilangsungkan dengan memenuhi regulasi yang telah ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) khususnya dari sisi keselamatan peserta.

Photo : Istimewa

“Untuk regulasi kita mengacu pada ketentuan IMI 2022. Beberapa starter harus ada KIS, Racingsuit, rollbar, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), helm standar SNI,” imbuh Harvyanto.

Ketatnya regulasi tentu untuk memastikan keselamatan peserta balap sehingga diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sepanjang acara berlangsung. Aturan tersebut pun diyakini tidak akan mengurangi keikutsertaan anggota berpartisipasi.

Selain menggelar drag race untuk kendaraan roda empat serta roda dua, VVC Go and Fast juga menghadirkan sejumlah acara lain. Mulai dari seperti bursa spare part, aksesori VW maupun umum, bursa merchandise, hiburan musik, kumpul komunitas hingga puncaknya merayakan HUT ke-41 VVC yang jatuh sebelumnya pada 13 Oktober 2022.

Artikel Terkait