Polda Metro Jaya Panggil Komunitas Sepatu Roda

Polda Metro Jaya panggil komunitas sepatu roda yang melintas di tengah jalan Gatot Subroto hingga membahayakan pengguna jalan lain

Polda Metro Jaya Panggil Komunitas Sepatu Roda
Photo: @arizapatria

TRENOTO – Polda Metro Jaya panggil komunitas sepatu roda yang melintas di jalan Gatot Subroto, Jakarta pada hari Minggu, 8 Mei 2022. Pemeriksaan terhadap komunitas tersebut rencananya akan dilakukan hari ini.

Pemeriksan akan dilakukan langsung oleh Subdit Penegakkan Hukum (Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Pihak Kepolisian pun mengklaim sudah melakukan koordinasi dengan pihak yang menaunginya.

“Kami jadwalkan panggil untuk beri edukasi aturan agar paham bahwa kegiatan itu tidak dibenarkan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bukan peruntukannya sepatu roda melintas di jalan protokol,” tegas Kombes E Zulpan, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Photo : @arizapatria

Walau telah melanggar undang-undang, Kepolisian memastikan tak akan melakukan penindakan hukum kepada mereka. Pemanggilan hanya bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelaku sehingga pelanggaran tidak lagi dilakukan di masa depan.

“Kami mengedepankan tindakan persuasif bersifat edukasi. Bahwa jalan raya tidak diperuntukkan bagi pengguna sepatu roda tetapi hanya bagi kendaraan roda empat, roda dua atau lebih yang digerakkan oleh mesin,” tegasnya kemudian.

Perserosi DKI Jakarta Minta Maaf

Photo : @arizapatria

Muhammad Sal, Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) DKI Jakarta menyampaikan minta maaf atas kejadian tersebut. Terlebih mereka yang ikut serta dalam aksi merupakan atlet nasional.

“Saya selaku Ketua Porserosi DKI Jakarta secara terbuka minta maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pengguna jalan di Jakarta, khususnya pengguna jalan pada Minggu (8/5) pagi,” ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa rombongan pesepatu roda tersebut adalah para atlet yang akan mewakili bangsa di Asean Games 2022 Hangzhou, China. Mereka bergabung dengan atlet Monastana guna mengikuti kegiatan marathon 49 km.

Aksi tersebut dilakukan karena mereka harus melakukan persiapan menghadapi Kejuaraan Nasional Piala Ibu Negara pada Juni 2022 mendatang. Namun lokasi latihan resmi yaitu JIRTA Sunter ketika itu masih tutup dan baru dibuka pada 9 Mei 2022.

“Tempat latihan mereka masih ditutup sehingga tak ada jalan lain kecuali berpacu di jalan raya. Sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua pihak,” pungkasnya.

Artikel Terkait