Ratusan Peserta Siap Adu Kecepatan di Drag Race Series VW 2022

Drag Race Series VW ditargetkan akan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai komunitas dan jenis kendaraan

Ratusan Peserta Siap Adu Kecepatan di Drag Race Series VW 2022
Photo: Trenoto

TRENOTO – Sekitar 350 peserta diperkirakan mengikuti Drag Race Series VW yang diselenggarakan oleh Volkswagen Van Club (VVC) pada 22-23 Oktober 2022. Balap tersebut merupakan putaran kedua dari total 3 seri tahun ini.

Berbeda dengan penyelenggaraan kegiatan komunitas pada umumnya, balap tidak hanya akan diselenggarakan untuk para anggota. Pasalnya terdapat beberapa kelas yang dibuka untuk pengguna kendaraan selain Volkswagen sehingga diharapkan acara dapat lebih meriah.

“Untuk total peserta kami harapkan bisa sekitar 350 hingga 400 peserta. Dari jumlah tersebut, 100 diantaranya kami harapkan merupakan anggota dari komunitas Volkswagen,” ungkap Harvyanto, Ketua Penyelenggara VVC Go and Fast siang hari tadi.

Photo : Trenoto

Walau merupakan ajang untuk komunitas dan umum, keselamatan peserta tetap menjadi perhatian. Oleh karena itu sejumlah aturan telah disiapkan sesuai regulasi balap drag dari Ikatan Motor Indonesia.

“Untuk regulasi mengacu pada ketentuan IMI 2022. Dalam ketentuan tersebut starter harus ada Kartu Izin Start (KIS) dari IMI, racingsuit, rollbar (kelas tertentu), alat pemadam api ringan (apar) serta helm SNI,” tegas Harvyanto kemudian.

Pada event kali ini ada beberapa kategori dilombakan mulai dari Kelas Utama VW, supporting VW, Bracket All Brand serta Umum. Khusus VW Drag Race Series, kelas yang dipertandingkan yakni Kelas Utama VW, Kelas Supporting VW, Kelas Bracket All Brand dan Umum.

Untuk Kelas Utama VW terdapat kategori Sedan Single Barrel (Beetle/Variant/Karman Gia/Safari), Bus Single Barrel (Combi/Micro Bus), Sedan Four Barrel (Beetle/Variant/Karman Ghia/Safari), Bus Two Barrel (Combi/Micro Bus), Sedan Four Barrel (Beetle/Variant/Karman Ghia/Safari), Bus Four Barrel (Combi/Micro Bus) serta Free For All (Beetle/Variant/Karman Ghia/Safari).

Photo : Trenoto

Perlu diketahui bahwa ajang drag race ini berlangsung dalam 3 seri dengan pelaksana Volkswagen Beetle Club (VCB) untuk seri pertama. Sementara untuk seri kedua diselenggarakan oleh VVC dan seri ketiga nantinya akan digelar oleh Volkswagen Club Bandung (VCB).

Untuk mengikuti ajang ini, peserta harus membayar pendaftaran sebesar Rp650.000 untuk balap mobil. Sementara untuk balap sepeda motor biaya pendaftarannya lebih murah yaitu Rp400.000.

Artikel Terkait