1 Set Roda BMW M1 Dijual Setara Harga Mitsubishi Xpander

Roda BMW M1 dijual dengan harga Rp280 juta atau lebih mahal ketimbang 2 unit Daihatsu Ayla tipe 1.0 X MT

1 Set Roda BMW M1 Dijual Setara Harga Mitsubishi Xpander
Photo: Carscoops
  • Oleh Adi Hidayat

  • Sabtu, 17 September 2022 | 08:28 WIB

TRENOTO – BMW M1 diproduksi pada 1978-1981 dan merupakan salah satu model paling legendaris dari pabrikan asal Jerman tersebut. Jumlahnya pun tidaklah banyak karena mereka hanya memproduksi sebanyak 453 unit dengan 53 di antaranya digunakan untuk balapan.

Seiring berjalannya waktu, BMW M1 pun menjelma menjadi salah satu barang koleksi berharga mahal. Bahkan untuk satu set rodanya saja kini memiliki nilai lebih tinggi dibanding 2 unit Daihatsu Ayla tipe sekalipun.

Dilansir dari Carscoops 1 set roda BMW M1 dijual USD18.700 atau setara Rp280 juta. Uang untuk membeli 1 set roda tersebut bahkan lebih mahal daripada harga new Mitsubishi Xpander tipe Exceed CVT yakni Rp275 jutaan. 

Photo : Carscoops

Dengan uang tersebut seseorang juga masih bisa membeli beberapa mobil menarik lain. Toyota Avanza 1.5 G CVT adalah salah satunya karena harganya hanya sebesar Rp269.8 juta, lebih murah dibandingkan 1 set roda BMW di atas.

Meski mahal kondisi keempat roda tersebut pun tidak dalam kondisi optimal. Pasalnya sang penjual membiarkan debu tebal tetap menempel sehingga kondisinya terlihat kusam dan tak sedap dipandang.

Di balik semua fakta di atas, barang koleksi selalu memiliki nilai lebih bagi para pemiliknya. Tidak heran terdapat beberapa orang yang berani membayar dengan harga di luar rasio.

BMW M1 adalah mobil bermesin tengah pertama hasil kerjasama mereka dengan pabrikan mobil asal Italia Lamborghini. Namun kerjasama tersebut tidak berjalan optimal sehinga pada April 1978 BMW mengambil alih pengembangan.

Photo : Wikipedia

Mobil ini dikembangkan di bahwa divisi motorsport BMW sebagai produk homologasi agar bisa bertanding di kejuaraan balap. Tidak mengherankan bila dalam pengembangannya sangat memperhatikan performa.

Guna menjawabnya, mereka menyematkan mesin berkapasitas 3.453 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 273 hp pada 6.500 rpm dan torsi 330 Nm pada 5.000 rpm. Berkatnya mobil mampu melesat hingga 265 km per jam.

BMW M1 sendiri telah mengkuti beragam kejuaraan dengan bergam prestasi menarik. Pada 1979 Jochen Neerpasch, Head of BMW Motorsport menggelar one make champhionsip dan mengantarkan beberapa pembalapnya untuk masuk ke Formula 1.

Selain itu BMW M1 juga dikenal kehadirannya di ajang 24 Hours of Le Mans dari 1981 hingga 1986. Hasilnya pun cukup baik karena beberapa podium berhasil didapatkan.

Artikel Terkait