143 Lexus UX 300e Bakal Layani Delegasi G20 di Bali

Toyota serahkan 143 Lexus UX 300e ke Pemerintah untuk digunakan sebagai kendaraan saat penyelenggaraan G20 di Bali

143 Lexus UX 300e Bakal Layani Delegasi G20 di Bali
Photo: Toyota

TRENOTO – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyerahkan secara simbolis 143 unit Lexus UX300e kepada Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Mobil listrik tersebut akan dijadikan sebagai salah satu alat transportasi dalam ajang Presidensi G20 yang diselenggarakan pada 15-16 November 2022 di Bali.

Pemerintah memang sudah berkomitmen untuk tidak menggunakan kendaraan dengan teknologi konvensional selama penyelenggaraan. Hal ini untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia siap untuk mengadopsi teknologi baru, termasuk mobil listrik.

“Transisi energi menjadi penting dalam KTT G20 dan transisi energi terdiri dari power plan sendiri. Indonesia tentu ingin menyelenggarakan G20 dengan contoh dan tidak hanya di sektor energi tetapi juga di sektor transportasi,” tegas Airlangga.

Photo : Toyota

Sementara itu Henry Tanoto, Vice President PT TAM mengatakan bahwa penyerahan ini merupakan bukti kesiapan mereka dalam menyambut era kendaraan listrik. Terlebih selama ini Toyota memang sudah memiliki banyak pilihan mobil elekrifikasi.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan pilihan elektrifikasi baik Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV dan Battery EV melalui Toyota dan Lexus. Mulai tahun ini kami akan masuk ke model elektrifikasi yang diproduksi di domestik sehingga harapannya akan semakin sesuai kebutuhan masyarakat,” terang Henry.

Lexus UX300e pertama kali hadir di Indonesia pada November 2020. Mobil ini dikembangkan dari basis UX series dan mempertahankan beberapa tampilan khasnya seperti Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights dan lampu belakang limitless line berbentuk horizontal.

Photo : Toyota

Sementara pada kabin Lexus UX 300e telah didesain sedemikian rupa dibawah tema Human-Centered Cockpit. Berkat desain ini, seluruh penempatan fitur sudah diperhitungkan matang-matang untuk lebih memanjakan pengemudi dan penumpang.

Untuk meningkatkan pengalaman berkendara positif, Lexus telah membekalinya dengan beberapa fitur tambahan. Mulai dari Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display guna menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai.

Sebagai sumber tenaganya, Lexus UX 300e telah dilengkapi baterai jenis Lithium-ion berkapasitas 54.35 kWh. Baterai tersebut disandingkan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan 201 hp serta torsi 300 Nm.

Dalam kondisi penuh, mobil bisa menempuh perjalanan sejauh 300 km. Angka yang tentunya sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan berkendara para delegasi.

Artikel Terkait