2 Fitur Suzuki Ertiga Hybrid Agar Lebih Hemat BBM

Suzuki Ertiga Hybrid menjadi lebih hemat dalan mengkonsumsi BBM sehingga memberikan banyak keuntungan lebih bagi pelanggan

2 Fitur Suzuki Ertiga Hybrid Agar Lebih Hemat BBM
Photo: trenoto

TRENOTO – Kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid pada awal Juni 2022 berhasil mencuri perhatian pecinta otomotif Tanah Air. Pasalnya mobil ini telah dilengkapi oleh teknologi hybrid sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Namun teknologi hybrid saja dinilai masih belum cukup karena boros tidaknya sebuah kendaraan ditentukan oleh beragam faktor, termasuk cara mengemudi. Oleh karena itu, Suzuki pun menyematkan beberapa fitur untuk memudahkan pengemudi mencapai konsumsi BBM paling optimal seperti salah satunya adalah cruise control.

“Fitur ini memang sengaja kami sematkan untuk memudahkan pengemudi menjaga kecepatannya. Dengan kecepatan yang stabil maka diharapkan konsumsi bahan bakar akan lebih optimal dan jarak tempuh kendaraan lebih jauh,” ungkap Donny Head of Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu lalu.

Photo : Trenoto

Berikut 2 Fitur Suzuki Ertiga Hybrid yang bikin irit BBM

  1. Cruise Control

Berkat cruise control mobil dapat berjalan dalam kecepatan stabil meski pengemudi tidak menekan pedal gas. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pengemudi cukup memastikan tombol cruise yang ada pada stir sudah aktif.

Kemudian fitur ini bisa berfungsi ketika kecepatan lebih dari 43 km per jam pada transmisi otomatis sementara pada transmisi manual akan aktif pada posisi gigi 3 sampai 5. Apabila Cruise Control tidak aktif namun mesin masih hidup, cukup tekan Res+ maka fungsi Cruise Control aktif kembali.

Jika ingin menambah kecepatan cukup tekan Res+ sedangkan mengurangi menggunakan Set-. Cara penggunaan fitur ini adalah injak pedal gas guna mengakselerasi kecepatan, kemudian lepas pedal gas maka kecepatan akan kembali pada kecepatan yang sudah di set sebelumnya.

Sementara untuk mematikannya, tekan cancel atau injak pedal rem. Dengan demikian maka seluruh kendali kendaraan akan diserahkan pada pengemudi.

Photo : Trenoto

  1. Gear Shift Indicator

Tak hanya itu, di Suzuki Ertiga Hybrid juga terdapat Gear Shift Indicator. Fitur ini dapat memberi indikasi posisi gigi yang paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar sehingga memudahkan pengendara saat berkendara

Cara membacanya pun cukup mudah, yaitu apabila lampu panah ke atas menyala putih maka disarankan posisi gigi dipindahkan ke satu gigi di atasnya. Sebaliknya, bila lampu panah ke bawah menyala putih, maka disarankan posisi gigi dipindahkan satu gigi di bawahnya.

Kemudian apabila lampu panah tidak menyala putih, maka posisi gigi sudah tepat. Berkat kombinasi teknologi yang ada, diharapkan konsumsi bahan bakar akan lebih optimal.

Artikel Terkait