3 Logo Pabrikan Mobil dengan Kisah Kontroversial

3 Logo pabrikan mobil yakni Chevrolet, BMW dan Alfa Romeo ternyata punya kisah yang cukup kontroversial

3 Logo Pabrikan Mobil dengan Kisah Kontroversial
Photo: Istimewa

TRENOTO – Berbicara simbol atau logo tentu tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia di setiap peradaban. Malah menurut filusuf ternama Jerman, Ernst Cassirer, manusia adalah animal symbolicium, mahluk berkarakter yang punya insting khas menciptakan juga memanipulasi tanda untuk hal-hal mewakili atau menggantikan sesuatu.

Terbukti, saat ini setiap dari Anda bisa langsung mengenali sesuatu seperti aturan, produk, organisasi dan lainnya cukup melalui simbol atau logo. Bahkan saat sepintas melihat logonya, Anda bisa langsung mengenali lebih dalam sebuah brand dari mulai identitas, karakter bahkan folosofi hingga sejarahnya.

Tentu untuk mencapai hal tersebut, butuh effort besar dari sebuah brand dalam menciptakan simbol atau logo, termasuk yang dilakukan oleh pabrikan mobil. Dan banyak cerita kontroversial di balik logo-logo pabrikan mobil serta menjadi misteri selama puluhan tahun bahkan nyaris 1 abad.  

TrenOto memiliki 3 kisah dari logo pabrikan mobil yang dirasa cukup kontroversial.

1. Chevrolet

Pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini punya banyak versi cerita yang berkaitan dengan logo bowtie alias dasi kupu-kupu berwarna emas. Setidaknya ada 3 cerita berkembang yang menginspirasi William C. Durant sang co-founder penginisiasi logo tersebut.

Cerita pertama dan telah dipatenkan dalam buku The Chevrolet Story tahun 1961 yang diterbitkan untuk memperingati 50 tahun hari jadi mereka menyebutkan bahwa Durant menciptakan logo di akhir 1913. Saat itu disebutkan ia melihat pola pada wallpaper sebuah hotel di Prancis pada 1908. 

Tapi banyak yang meragukan kisah tersebut. Kemudian ada beberapa cerita sebagai sumber inspirasi logo bowtie dan itu datang dari keluarga Durant sendiri.

Pertama Catherine istri Durant mengingat-ingat saat keluarga mereka berlibur di Hot Springs, Virginia. Tiba-tiba suaminya terispirasi desain logo Chevrolet saat sedang membaca koran.

Lainnya cerita dari Margery, anak perempuan Durant. Ia mengisahkan pada bukunya My Father, bahwa ayahnya terkadang membuat desain bowtie saat berada di meja makan.

Tidak hanya cerita di atas, soal inspirasi logo bowtie adalah hubungannya dengan Louis Chevrolet sang founder yang berasal dari Swiss. Disebutkan bahwa inspirasi logo tersebut datang dari hasil modifikasi bendera Swiss.

2. BMW

Photo : Istimewa

Pabrikan mobil papan atas asal Jerman ini tampak memiliki logo sederhana berbentuk lingkaran dengan warna biru dan putih mirip sebuah baling-baling sedang berputar. Ini disebut terkait dengan bisnis awal Bayerische Motoren Werke AG (BMW) sebagai manufaktur pesawat Rapp Motorenwerke.

Lalu apakah benar logo tersebut terinspirasi dari baling-baling pesawat?. BMW terbelah dalam apa sumber inspirasi logo mereka, antara terinspirasi dari baling-baling pesawat atau bukan.

Mereka yang mempercayai baling-baling pesawat merunut sejarah bahwa logo pernah muncul di sampul majalah BMW pada 1929. Ini kemudian diperkuat melalui bukti otentik lainnya seperti argumen petinggi BMW saat itu Wilhelm Farrenkopf dan dimuat di BMW Werkzeitschrift, jurnal mereka tahun 1942.

Farrenkopf mengatakan ide logo datang setelah engineer BMW menguji pesawat pertama mereka. Si engineer melihat putaran baling-baling memancarkan warna silver dari bilahnya dan biru latar belakang langitnya.

Sementara bagi mereka yang mempercayai logo tidak ada kaitannya dengan baling-baling pesawat diwakili oleh Dr Florian Triebel. Ia merasa janggal dengan inspirasi baling-baling dan memaparkannya di BMW Mobile Tradition tahun 2005. 

Disebutkan bahwa logo BMW tercipta tahun 1917 dan nyaris tanpa perubahan hingga saat ini. Dibadingkan dengan mesin pertama pesawat BMW yang tercipta pada 1918, sementara logo sudah tercipta sekitar 6 bulan sebelumnya.

BMW sendiri saat itu disebutkan hanya memproduksi mesin saja, bukan pesawat secara utuh juga baling-baling. Jadi Triebel yakin tak ada kaitannya, menurutnya inspirasi logo yang benar sangat simpel, datang dari warna bendera Bavaria.

3. Alfa Romeo

Photo : Istimewa

Pabrikan mobil asal Italia ini punya logo yang cukup kompleks. Didominasi oleh 2 gambar, red cross berlatar belakang putih dan ular hijau.

Kontroversi dari logo Alfa Romeo berasal gambar ular hijau berukuran besar. Jika red cross adalah simbol kota Milan yang menjadi kota kelahiran Alfa Romeo, lalu apa makna dari ular hijau dengan manusia di mulutnya?.

Alfa Romeo pernah menjelaskan bahwa simbol tersebut adalah lambang Visconti, salah satu keluarga paling berpengaruh dalam sejarah Milan. Otone Visconti adalah seorang seorang ksatria yang mengalahkan ksatria Saracen. 

Lambang ular dengan manusia itu diambil dari tameng ksatria seusai tradisi. Dan disebutkan bahwa gambar tersebut bukan manusia dimakan ular, melainkan sebaiknya manusia keluar dari mulut ular yang melambangkan kelahiran kembali.

Artikel Terkait