50 Persen Loyalis Honda Beli Mobil Online

Loyalis Honda beli mobil online meski belum pernah melihat langsung maupun test drive kendaraan sekalipun

50 Persen Loyalis Honda Beli Mobil Online
Photo: Trenoto

TRENOTO – Honda Prospect Motor (HPM) mengaku bahwa penjualan kendaraan secara online sudah semakin marak, khususnya untuk para loyalis. Tidak sedikit dari pelanggan yang melakukan pembelian hanya berdasarkan iklan di website.

Hal ini diungkapkan oleh Julian Karfili, Public Relation & Digital Manager HPM siang hari tadi. Menurutnya, lebih dari 50 persen dari loyalis Honda membeli mobil tanpa perlu mencoba dan melihat secara offline.

“Pembelian secara online sekarang mulai banyak, bahkan untuk loyalis bisa di atas 50 persen. Mereka yang sudah merasakan produk Honda biasanya hanya menghubungi diler, isi form di website, lakukan transaksi dan sebagainya kemudian mobil dikirim,” tegasnya.

Photo : Paultan

Hal ini jauh berbeda dengan pelanggan first buyer yang masih lebih banyak melakukan pembelian secara offline. Bahkan mereka masih melakukan test drive kendaraan sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

“Bila baru pertama kali membeli mobil Honda, biasanya akan memilih untuk test drive terlebih dahulu. Mereka akan mencari informasi secara online, kemudian ke diler dan melakukan transaksi di sana,” tegasnya.

Selain untuk first buyer, kebiasaan ini juga masih berlaku bila Honda meluncurkan produk yang sama sekali baru. Untuk itulah mereka masih menyediakan produk test drive di diler-diler resminya.

Dukung Penjualan Online

Photo : Honda Indonesia

Tingginya penjualan mobil secara online pun membuat Honda berinisiatif untuk semakin gencar melakukan promosi digital. Salah satunya adalah dengan ambil bagian dalam ajang Metanesia, sebuah pameran yang digelar oleh PT Telkom Indonesia beberapa waktu lalu.

Ketika itu Honda menjadi satu-satunya brand otomotif roda empat yang menampilkan showroom virtual. Pengunjung pun dapat melihat berbagai produk secara 360 derajat, baik eksterior, interiornya, mesin maupun berbagai fitur unggulan.

Pengunjung juga dapat merasakan Virtual Reality Driving untuk Honda BR-V. Aktivitas test drive virtual dirancang guna menunjukkan mobil berjalan layaknya sebuah game sehingga pelanggan memiliki gambaran perfoma.

Menariknya lagi, bagi pengunjung dapat berinteraksi dengan Customer Service atau Virtual Sales Assistant. Transaksi juga bisa dilakukan sehingga memudahkan pelanggan.

“Perubahan perilaku konsumen saat ini menjadikan platform digital sebagai salah satu medium yang semakin banyak digunakan konsumen untuk mencari informasi hingga melakukan transaksi, termasuk untuk konsumen otomotif,” pungkas Yulian.

Artikel Terkait