8 Titik Aturan Ganjil Genap Bandung saat Nataru

Kota Bandung akan menerapkan skema ganjil genap pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 di 8 titik jalan termasuk Tol

8 Titik Aturan Ganjil Genap Bandung saat Nataru
Photo: Antara

TRENOTO – 8 titik jalan di kota Bandung akan menerapkan skema ganjil genap pada saat libut Natal dan Tahun Baru (Nataru). Aturan ini menyusul seiring dengan pemberlakuan PPKM Level 3.

Kebijakan ganjil genap dimaksudkan untuk membatasi mobilitas masyarakat khususnya di kota Kembang pada saat Nataru. Sejalan dengan upaya pemerintah guna mengantisipasi adanya lonjakan covid-19 gelombang ketiga.

“Tapi kita akan menyesuaikan dan menunggu hasil rapat Satuan Tugas Penanganan covid-19 kota Bandung. Kita mendukung kebijakan dari pemerintah,” ucap AKP Asep Kusmana, Kepala Unit Kamsel Satlantas Polrestabes Bandung seperti dikutip Antara.

Berikut 8 titik penyekatan ganjil genap Bandung :

  • Gerbang Tol Buah Batu
  • Gerbang Tol Muhammad Toha
  • Gerbang Tol Kopo
  • Gerbang Tol Pasir Koja
  • Gerbang Tol Pasteur
  • Jalan Ledeng
  • Bundaran Cibiru
  • Jalan Cibereum

Dikatakan lebih lanjut bahwa penerapan ganjil genap di Bundaran Cibiru dan Cibereum masih akan dibahas pada rapat satgas.

Aturan tersebut di atas berlaku setiap akhir pekan mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB. Pada jalan Ledeng, ganjil genap hanya akan berlaku mulai 09.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Asep menjelaskan lebih lanjut bahwa skema ganjil genap hanya akan berlaku pada kendaraan luar daerah. Dengan kata lain kendaraan asli Bandung Raya (pelat D) tidak berlaku aturan tersebut.

Selain itu, masih ada persyaratan administratif lain pada area penerapan ganjil genap di Bandung nantinya. Namun jelasnya baru akan diumumkan setelah rapat tugas.

Photo : Antara

“Nanti kendaraan yang tidak bisa memenuhi syarat akan diputar balik. Tapi kalau warga Bandung yang akan pulang ke rumah tetap boleh,” tuturnya kemudian.

Ia berharap nantinya warga luar Bandung yang akan berlibur ke kota Kembang tersebut agar mengurungkan niatnya. Lalu warga Bandung agar membatasi mobilitas agar tidak menimbulkan kerumunan.

Bandung merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat Tanah Air terutama Jakarta untuk berlibur. Selain menyuguhkan pemandangan alam mengagumkan, banyak pusat kuliner yang digandrungi banyak orang.

Kota berjuluk Paris Van Java juga terkenal dengan pusat fashion bagi sejumlah anak muda Tanah Air. Baik toko baju atau distro bermunculan hingga menjadi sasaran kawula muda.

Artikel Terkait