9 Bus MAB Resmi Terjual ke Berbagai Perusahaan

9 bus MAB (Mobil Anak Bangsa) terjual kepada berbagai perusahaan di Tanah Air dengan nilai kontrak Rp41.1 miliar

9 Bus MAB Resmi Terjual ke Berbagai Perusahaan
Photo: Trenoto

TRENOTO  –  PT Mobil Anak Bangsa (MAB) menandatangani konfirmasi pembelian bus listrik dengan sejumlah perusahaan serta instansi pemerintah. Konsumen MAB tersebut adalah PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Chandra Asri Petrochemicals (CAP), PT Kaltim Parna Industri (KPI) dan Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang).

Tak tanggung-tanggung, nilai kontrak pembelian bus listrik MAB adalah sebesar Rp41.1 miliar. Besarnya angka tersebut karena jumlah bus yang dipesan memang tidak sedikit yaitu berupa 7 unit ukuran 12 meter dan 2 unit 8 meter.

“Pembelian produk bus listrik MAB merupakan kepercayaan dari perusahaan di Indonesia kepada hasil karya bangsa sendiri. Kami akan terus berkomitmen mengembangkan produk-produk kendaraan listrik berkualitas untuk Indonesia yang semakin ramah lingkungan,” terang Kelik Irwantono, Direktur Utama MAB.

Photo : Trenoto

Pembelian ini tentunya merupakan pertanda baik karena menunjukkan bahwa kendaraan listrik semakin diterima di Tanah Air. Terlebih, pabrikan lokal mendapat kepercayaan untuk menggarapnya.

Tak hanya itu, MAB juga memberi penghargaan kepada Kideco karena telah melakukan pemesanan 1 unit Bus MD 12E NF tahun lalu. Unit tersebut pun telah selesai dan diserah terimakan pada Desember 2021.

Sebelumnya juga diberitakan bahwa MAB telah bekerjasama dengan PT Transjakarta. Dalam kerjasama disampaikan bahwa produsen kendaraan listrik tersebut akan menyediakan 1 unit bus berukuran 12 meter untuk uji coba di salah satu jalur.

Dalam MoU disampaikan bahwa pelaksanaan uji coba akan dilakukan selama 3 bulan. Selama uji coba, keduanya akan mengembangkan spesifikasi teknis bus listrik agar dapat memenuhi standar pengopersian Transjakarta.

Photo : Trenoto

MAB akan menggunakan bus tipe MD12E NF yang menggunakan baterai LiFePO berkapasitas 315.85 KWh sebagai sumber penyimpanan daya. Bila dalam kondisi penuh maka kendaraan mampu menempuh jarak sejauh 250 km.

Baterai tersebut dikawinkan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 321 hp serta torsi hingga 680 Nm. Guna mengoptimalkan perfoma, disematkan juga transmisi AMT 4 untuk meningkatkan kenyamanan.

MAB juga menampilkan beberapa model kendaraan pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Dalam penyelenggaraan ini mereka tidak hanya menampilkan bus tetap juga sepeda motor listrik yang diklaim memiliki banyak keunggulan.

Artikel Terkait