Airbag Bermasalah, Nissan dan Mitsubishi Setop Produksi Mobil Ini

Nissan dan Mitsubishi setop produksi kei car andalannya di jepang karena ditemukan masalah pada airbag

Airbag Bermasalah, Nissan dan Mitsubishi Setop Produksi Mobil Ini
Photo: Istimewa

TRENOTO – Nissan dan Mitsubishi setop produksi dan pengiriman Kei Car andalannya untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan setelah ditemukannya potensi masalah pada airbag yang dipasang pada ketiga kendaraan tersebut.

Potensi kerusakan ditemukan setelah Nissan melakukan uji tabrak terhadap model Kei Car mereka yaitu Nissan Roox. Dalam laporannya disebutkan bahwa airbag mungkin tidak berfungsi dengan baik dalam kondisi tertentu.

Tak hanya Nissan, Mitsubishi pun kemudian merilis temuan yang sama pada kedua modelnya yaitu eK dan eK X. Sayangnya, kedua produsen mobil asal Jepang tersbeut tidak merinci kerusakan seperti apa yang terjadi pada ketiga mobil tersebut.

Photo : Istimewa

Meski menghentikan produksi serta pengiriman, kedua produsen mobil tersebut menegaskan bahwa tidak ada masalah ketika kendaraan dikendarai secara teratur. Dilansir dari Antara, Nissan dan Mitsubishi memastikan bahwa airbag tetap akan berfungsi ketika mobil mengalami kecelakaan.

Akibat cacat produksi ini, Nissan dan Mitsubishi telah menangguhkan produksi, pengiriman serta penjualan ketiga model tersebut sejak 3 Desember. Kebijakan dilakukan untuk menyelidiki permasalahan hingga waktu yang belum ditentukan.

Bak Nissan maupun Mitsubishi juga belum menegaskan apakah akan melakukan recall terhadap ketiga mobil andalannya. Informasi dan tindakan lanjutan baru akan disampaikan setelah hasil investigasi selesai

Permasalahan ini tentunya cukup memukul Nissan karena Roox merupakan salah satu mobil unggulan mereka. Hal ini terlihat dari berhasilnya Nissan Roox menyabet Kei Car of The Year 2020 di Jepang.

Photo : Istimewa

Kehadiran ProPilot pada kendaraan Kei Car digadang-gadang sebagai salah satu nilai tambah yang berhasil mengangkat Nissan Roox. Selain itu, adanya teknologi keselamatan seperti sistem Intelligent Forward Collision Warning juga memberikan pengemudi ketenangan lebih saat berkendara.

Sementara itu Mitsubishi eK dan eK X merupakan Kei Car yang juga dilengkapi dengan fitur canggih. Fitur keselamatannya cukup lengkap karena terdiri dari sistem pengereman ABS + EBD serta Brake Assist (BA). Lalu ada pula 6 titik Airbags dan Active Stability Control (ASC), Electric Parking Brake (EPB), Hill Start Assist (HSA) hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Artikel Terkait