Aksesori Mobil Saat Mudik Lebaran 2022, Perjalanan Jadi Nyaman

Menambah kenyamanan dan keamanan berkendara, terdapat beberapa aksesori mobil saat mudik Lebaran 2022 yang perlu dibawa

Aksesori Mobil Saat Mudik Lebaran 2022, Perjalanan Jadi Nyaman
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Menempuh waktu berjam-jam saat pulang ke kampung halaman, pemudik harus melakukan beragam aktivitas di dalam kendaraan. Karenanya terdapat beberapa aksesori mobil saat mudik Lebaran 2022 yang bisa menjadi pilihan agar perjalanan lebih mudah.

Sony Susmana selaku Pendiri sekaligus pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menyebut ada empat aksesori yang perlu dipersiapkan sebelum pemudik melakukan perjalanan dengan mobil.

"Aksesori yang harus dibawa sebaiknya menunjang kenyamanan dan keamanan penumpang ketika melakukan perjalanan, bukan sebaliknya atau justru membahayakan," katanya kepada TrenOto, Rabu (28/4/2022).

Meski terdapat aksesori untuk menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara, Sony menegaskan kendaraan yang digunakan tak boleh mengalami perubahan atau modifikasi.

Photo : wincos

"Pastikan kendaraan dalam kondisi standar tanpa modifikasi atau aksesori tidak perlu yang justru akan membuat bahaya ketika berkendara," ujarnya.

Terkait aksesori wajib, pemudik sebaiknya menggunakan kaca film agar kondisi di dalam kabin mobil tak terlalu panas ketika berkendara di siang hari. Meski demikian, perlu diperhatikan tingkat kegelapannya agar tak berbahaya ketika melewati sejumlah jalan di malam hari. 

Hal kedua yang perlu diperhatikan ialah cup holder. Karena perjalanan yang ditempuh cukup panjang, pemudik sebaiknya memiliki aksesori ini untuk memudahkan ketika menaruh minuman.

Penting dari sisi keselamatan, APAR atau Alat Pemadam Api Ringan harus dibawa pemudik sebagai langkah antisipasi terjadinya kebakaran pada mobil. Menjadi pertolongan pertama, alat ini sebaiknya diletakan di bawah kursi penumpang bagian depan. 

Photo : Pribadi

Menambah kenyamanan di dalam kabin terlebih ketika membawa anak-anak, bantal menjadi aksesoris wajib terakhir. Selain digunakan untuk tidur, bantal juga bisa menjadi alat keselamatan apabila terjadi kecelakaan.

"Bantal-bantalan bisa digunakan menjadi bumper ketika kecelakaan. Jadi aksesori ini juga penting bawa bagi pemudik yang melakukan perjalanan," tutur Sony.

Ketika melakukan perjalanan, pemudik juga diharapkan tak membawa barang berlebih khususnya di bagian atap kendaraan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait keselamatan berkendara.

"Barang yang ada di roof top harus ada rak nya. Berat maksimal 50 kilogram dan tingginya 40 centimeter. Jangan lupa barang yang di bawa harus tertutup dan terikat," ujarnya.

Artikel Terkait