Alasan Toyota Kijang Innova EV Concept Hadir di IIMS Hybrid 2022

Hadir di IIMS Hybrid 2022 pada hari pertama, Toyota Kijang Innova EV Concept sukses menarik perhatian pengunjung

Alasan Toyota Kijang Innova EV Concept Hadir di IIMS Hybrid 2022
Photo: Toyota Astra Motor

TRENOTO – PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi memperkenalkan Toyota Kijang Innova EV Concept di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022

Menarik perhatian, mobil tersebut juga sempat dikendarai Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia (Menko) saat membuka pameran, Kamis (31/3/2022). 

Hadirnya Toyota Kijang Innova EV Concept menjadi salah satu upaya pabrikan mendukung kebijakan Pemerintah dalam mempercepat pengembangan kendaraan berbasis listrik. 

Menggunakan basis Kijang Innova, perusahaan mobil asal Jepang tersebut menegaskan pihaknya memiliki keinginan besar untuk membangun ekosistem kendaraan listrik dengan menggunakan brand nasional. 

Meski belum memasuki tahap komersial, mobil ramah lingkungan tersebut telah melewati quality and safety assurance sesuai standar Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat," kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor.

Photo : Toyota Astra Motor

Hadirnya Innova BEV juga menjadi bukti keseriusan pabrikan memasyarakatkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Hal ini sesuai dengan strategi pengembangan kendaraan listrik Toyota untuk selalu mengedepankan pendekatan Multipath way.

"Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia,” kata Henry.

Pendekatan tersebut juga tak hanya fokus pada pengembangan kendaraan di segmen atau teknologi tertentu. Ini sejalan dengan visi Toyota untuk menghadirkan solusi mobilitas bagi seluruh pelanggan.
 
“Kebutuhan pelanggan itu sangat beragam, baik dari sisi daya beli, penggunaan atau utility kendaraan, termasuk karakteristik dan ketersediaan infrastruktur. Oleh karena itu Toyota selalu berupaya menawarkan pilihan yang luas kepada pelanggan, termasuk dalam kendaraan elektrifikasi,” kata Henry.

Photo : Toyota Astra Motor

Bukan hal baru, Toyota telah memberi perhatian terhadap kendaraan listrik sejak awal 1990-an. Terdapat beragam inovasi terkait kendaraan ramah lingkungan, pabrian telah mengembangkan teknologi HEV, PHEV, BEV, sampai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) atau penggunaan bahan bakar Hydrogen.

Sejak kehadiran generasi pertama Prius di Jepang pada 1997, Toyota telah mengimplementasi teknologi Hybrid di berbagai model yang dipasarkan. 

Pabrikan juga telah memproduksi secara massal Toyota Mirai. Menggunakan teknologi FCEV, mobil ini merupakan mobil pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar Hydrogen. 

Hingga saat ini, secara global Toyota telah menjual total lebih dari 20 juta unit kendaraan elektrifikasi dan mengurangi emisi CO2 hingga lebih dari 140 juta ton dalam 20 tahun.

Artikel Terkait