All New Honda Civic RS Datang, Versi Hatchback-nya Dihentikan

Habiskan stok, PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi menghentikan penjualan Honda Civic RS versi Hatchback di Indonesia

All New Honda Civic RS Datang, Versi Hatchback-nya Dihentikan
Photo: Honda

TRENOTO – Resmi memeriahkan pasar otomotif Indonesia sejak 2017 lalu, penjualan Honda Civic Hatchback akhirnya dihentikan PT Honda Prospect Motor (HPM). Hal tersebut diungkapkan Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. HPM.

Dalam keterangan yang disampaikan, Yusak menegaskan, pihaknya saat ini hanya menghabiskan stok Civic Hatchback yang ada di dealer resmi.

“Mengenai penjualan secara wholesale, saya akan bicara mengenai Civic Hatchback RS. Seiring dengan Civic Sedan sekarang kami tidak lagi menjual Hatchback RS jadi penjualan wholesale terakhir di bulan September tahun ini,” katanya disela acara test drive All New Honda Civic RS di Jakarta.

Terkait stok unit yang tersisa saat ini, Yusak menyebut saat ini Honda hanya memiliki 21 Civic Hatchback di seluruh Indonesia.

Seperti diketahui, HPM secara resmi meluncurkan sedan Civic RS generasi ke 11 pada akhir Oktober 2021. Hal ini menjadi faktor utama pabrikan otomotif asal Jepang tersebut menghentikan penjualan model hatchback di Indonesia.

“Kalau kami perhatikan tipe sedan yang baru dengan hatchback karakteristiknya mirip, jadi kami fokus ke sedan. Kemudian untuk hatchback kami fokus di City Hatchback, Brio, dan Low MPV Mobilio,” ujarnya.

Photo : HPM

Dengan pengumuman ini, HPM memastikan Civic hatchback generasi terbaru yang telah diperkenalkan secara global di Jepang pada Juni 2021 tak akan memeriahkan pasar otomotif Tanah Air.

“Khusus pasar Indonesia, Civic telah terjual lebih dari 118.000 unit. Kalau kita lihat sejak diluncurkan, kami hanya jual wholesale sebanyak 60 unit (sedan Civic RS). Ini sebagian besar untuk tes drive dari dealer. Untuk pemesan yang kami dapat sejak launching sampai 2 har kemarin itu 101 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Ini di luar ekspektasi kami,” jelas Yusak.

Resmi diperkenalkan, Honda Civic Hatchback terbaru memiliki pilihan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) atau transmisi manual 6-percepatan.

Sebagai model terbaru, mobil pabrikan berlambang huruf H ini disematkan teknologi keselamatan canggih, seperti Honda SENSING dengan Front Wide View Camera dan High-speed Image Processing Chip, serta adanya Traffic Jam Assist. 

Mobil ini juga memiliki fitur Adaptive Driving Beam (ADB), sehingga visibilitas jarak jauh di malam hari lebih terjaga.

Artikel Terkait