All New Kia Carens Segera Mengaspal di Indonesia

All new Kia Carens tertangkap kamera netizen dan menjadi tanda akan segera dipasarkan di Indonesia menyaingi Innova

All New Kia Carens Segera Mengaspal di Indonesia
Photo: Trenoto

TRENOTO – All new Kia Carens nampaknya sudah semakin dekat untuk masuk pasar Tanah Air. MPV calon penantang Innova ini sudah berkeliaran di Indonesia dan beberapa kali tertangkap kamera.

Kia Carens sendiri sudah mulai dipasarkan di India dengan menawarkan berbagai sentuhan menarik. Berbekal beberapa tangkapan gambar netizen, juga produk-produk terkini PT Kreta Indo Artha (KIA) yang memang diboyong dari India.

Perkenalan MPV semi crossover ini di Indonesia tampaknya sudah kian dekat. Persaingan di segmen MPV yang gurih akan semakin berwarna dengan datangnya Carens generasi terbaru.

Dipasarkan di India, all new Kia Carens ditawarkan dalam tiga pilihan mesin. Untuk pasar Bollywood, mobil ini punya mesin 1.5L bensin, 1.4L bensin turbocharged dan 1.5L diesel.

Untuk pasar Tanah Air opsi paling mungkin adalah 1.5L karena serupa dengan kompetitor sekelasnya. Selain itu, jantung mekanis yang digunakan sama dengan model Seltos sehingga sudah terbukti.

Peluang Kia Carens di Indonesia

MPV tujuh penumpang memang pasar paling gemuk di Indonesia sehingga menggiurkan bagi banyak produsen. Mitsubishi yang sudah cukup lama tidak bermain di segmen ini setelah Kuda, akhirnya menceburkan diri dan cukup fokus sekarang.

Mulai dari kelas entry level hingga premium, mendapatkan respon positif dari masyarakat di Tanah Air. Adapun all new Kia Carens memiliki fitur yang bisa dibilang sejajar dengan Innova.

Kia Carens sendiri bukanlah nama yang asing di telinga orang Indonesia. MPV ini pernah melenggang di Tanah Air meskipun jumlahnya tidak banyak.

Maklum saja, brand asal Korea hingga saat ini masih sulit diterima dengan baik oleh konsumen. Hyundai yang merupakan induk perusahaan perlu mengeluarkan ekstra upaya untuk bisa meningkatkan pasar mereka di Indonesia.

Photo : istimewa

Langkah brand non Jepang di Tanah Air akan menemui jalan yang terjal. Terlebih jika bertarung di lahan yang sama dalam hal ini MPV.

Hal ini sudah dibuktikan oleh Wuling yang mencoba menggempur merek-merek Jepang melalui produk unggulannya. Mulai dari Wuling Confero hingga Cortez, hanya ‘galak’ di masa bulan madu saja.

Meskipun mampu meningkatkan pangsa pasarnya di Indonesia. Namun saat ini pangsa pasarnya tidak bisa berkembang lebih jauh lagi.

Kualitas produk tidak sebaik produk Jepang apalagi Eropa, menjadi salah satu problem mereka. Terlebih konsumen yang sudah bertahun-tahun memiliki unit Wuling, kesulitan untuk menjualnya kembali.

Dikarenakan harga jual produk-produk Wuling di pasaran terjun bebas. Sehingga merugikan konsumen yang hendak mengganti dengan unit baru.

Artikel Terkait