All New Land Cruiser meluncur Bareng Fortuner, Ini Bocoran Toyota

PT Toyota Astra Motor (TAM) siap meluncurkan all new Land Cruiser dan new Fortuner dalam waktu dekat

All New Land Cruiser meluncur Bareng Fortuner, Ini Bocoran Toyota
Photo: Toyota

TRENOTO – PT Toyota Astra Motor (TAM) siap meluncurkan dua mobil SUV di Indonesia, yakni all new Land Cruiser dan new Fortuner. Keduanya dijadwalkan hadir secara virtual, Kamis 13 Januari 2022 mendatang.

Setelah brosur new Fortuner menyebar di dunia maya, all new Land Cruiser juga sempat menjadi perbincangan karena terpergok melaju di jalan dengan pelat sementara.

Sebelum hadir di Indonesia, SUV mewah milik pabrikan Jepang tersebut telah diperkenalkan di negara asalnya 9 Juni 2021 lalu. Menggunakan penggerak 4 roda atau 4x4, mobil dengan nama lain LC300 tersebut menggunakan platform TNGA-F.

"Untuk Land Cruiser ini mungkin enggak bisa disamakan seperti segment lain secara apple to apple, marketnya karena masuk ke Luxury 4x4 komposisinya juga tidak terlalu besar mungkin antara 900-1000 setahun kurang lebih," kata Anton Jimmy, Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) kepada TrenOto.

Meski peminatnya tak terlalu besar, Anton menegaskan, konsumen Tanah Air yang ingin memiliki Land Cruiser masih cukup banyak. Hal ini didasari oleh rasa suka mendalam terhadap kendaraan dan beragam fitur yang disematkan. 

"Tapi ya demandnya tetap ada apalagi Land Cruiser ini legend, enggak cuma di global tapi di Indonesia. Jadi memang marketnya khusus, ada yang memang butuh mobil besar dan Luxury, ada yang didasari oleh kesukaan karena legend dan lain lain," tuturnya.

Photo : Toyota

Dari sisi jantung pacu, mobil ini disematkan mesin diesel twin-turbo V6 3,3 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 308 hp dan torsi mencapai 700 Nm.

Berbeda dengan versi diesel, pabrikan juga menyediakan mesin bensin V6 3,5 liter. Menggunakan transmisi otomatis 10 kecepatan, Land Cruiser mampu menghasilkan tenaga hingga 414 hp dan torsi 650 Nm.

Hal spesial lain yang terdapat pada mobil ini ialah disematkannya platform TNGA. Dengan hadirnya platform baru, mobil mewah ini diklaim lebih ringan dan memiliki teknologi lebih canggih dibandingkan LC200. 

"Jadi memang cukup niche ya market nya, tapi kami memang terus sediakan buat konsumen konsumen niche di Indonesia," tutur Anton.

Artikel Terkait