All New Land Cruiser Resmi Meluncur, Simak Ubahannya

Memiliki beragam keunggulan, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan all new Land Cruiser di Indonesia.

All New Land Cruiser Resmi Meluncur, Simak Ubahannya
Photo: Toyota

TRENOTO – Mengawali 2022, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan all new Land Cruiser di Indonesia. Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) yang terus meningkat.

“Selama 1 dekade terakhir, segmen SUV menjadi populer baik di Global juga di Indonesia. Hari ini kami
memperkenalkan all New Land Cruiser. Kami berharap keduanya dapat semakin mendukung mobilitas masyarakat Indonesia,” kata Susumu Matsuda, President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Merupakan cikal bakal dari segmen SUV Toyota di Indonesia, all new Land Cruiser hadir dengan desain eksterior dan interior lebih segar. Sebagai premium SUV, terdapat Exclusive 70th Anniversary emblem pada sisi samping-belakang bodi dan door scuff plate lengkap dengan iluminasi mewah.

“SUV Toyota menjadi jenis kendaraan yang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan dalam 10 tahun terakhir, kontribusi SUV Toyota meningkat secara signifikan. Pada 2011 hanya di 12 persen, namun di 2021 sudah mencapai 35 persen," ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Tampil dengan desain yang lebih tangguh dan modern, terdapat dua pilihan varian, yakni VX-R dan GR Sport. Khusus all new Land Cruiser VX-R pabrikan mobil asal Jepang tersebut mengincar pemilik yang menyukai cita rasa berkelas.

Sedangkan GR Sport cocok untuk pecinta sporty car, karena terdapat Floor Mat dengan aksen bordir senada yang di desain secara eksklusif. 

Terkait fitur, tipe VX-R mendapatkan new expansive luggage room dengan tambahan Power Back Door with Kick Sensor. Selain itu, terdapat juga fitur New Digital Video Recorder, New Wireless Charger, New Rear Seat Entertainment serta Electronic Parking Brake with Brake Hold.

Photo : Toyota

Untuk jantung pacu, all new Land Cruiser mengadopsi mesin V6D-turbo berkapasitas 3.346 cc berkode F33AFTV yang mampu menghasilkan tenaga 300 Hp pada 4.000 rpm dan 700 Nm pada 1.600 – 2.600 rpm karena dikawinkan dengan transmisi 10-speed Direct Shift-10AT. 

Menggunakan platform TNGA-F, Land Cruiser terbaru dibenamkan Double Wishbone pada bagain depan dan 4-link Coil Suspension di belakang. Khusus tipe GR Sport, terdapat new Stability Control dan new Adaptive Variable Suspension. 

Performa suspensi pada kendaraan juga telah diuji oleh pembalap berpengalaman di Dakar Rally. Spesial untuk GR Sport, terdapat fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang. 

Sementara tipe VX-R dibekali Torque Sensing LSD di roda belakang. Terdapat juga AutoMTS (Multi Terrain Select) yang mampu menilai kualitas permukaan jalan dan mengadopsi mode berkendara agar mampu melibas segala medan, seperti jalan berpasir, berbatu, lumpur, dan medan berat lainnya.

Sebagai off-roader sekaligus penjelajah jalan raya, mobil SUV ini telah dilengkapi perangkat keamanan seperti Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution dan Brake Assist dan 8-airbags. 

Terdapat juga fitur safety lainnya, seperti Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga
fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

Tidak berhenti di situ, All New Land Cruiser juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup PreCollision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Mobil terbaru ini juga telah dilengkapi dengan fitur T Intouch atau teknologi telematika yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga dapat terhubung ke semua layanan mobilitas.

Berikut daftar harga all new Land Cruiser berstatus on the road DKI Jakarta. 

- VX-R 4x4 A/T Non Premium Color : Rp2.327.8 miliar
- VX-R 4x4 A/T Premium Color : Rp2.330.8 miliar
- VX-R GR-S 4x4 A/T Non Premium Color : Rp2.378.8 miliar
- VX-R GR-S 4x4 A/T Premium Color : Rp2.381.8 miliar

Artikel Terkait