All New Toyota Avanza Resmi Meluncur Pakai Penggerak Depan

All new Toyota Avanza dan Veloz resmi meluncur dengan mengusung banyak ubahan dan salah satunya menggunakan penggerak depan

All New Toyota Avanza Resmi Meluncur Pakai Penggerak Depan
Photo: Toyota

TRENOTO – PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi memperkenalkan all new Avanza dan Veloz untuk konsumen di Indonesia. Hadir dengan beragam perubahan, all new Toyota Avanza telah disematkan transformasi Platform Full Engine-Front Wheel Drive (FF) yang benar-benar baru.

Dalam penjelasannya, Platform FF dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension sehingga mampu mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang. Mobil ini juga memiliki karakteristik kecepatan spring rate dan damper yang membuat mobil lebih nyaman.

Mesinnya 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 96 hp dan torsi 121.6 Nm. Sementara mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder dipercaya menghasilkan tenaga 104 hp dan torsi 137 Nm.

Perubahan yang juga menarik perhatian ialah, sistem penggerak roda depan (FWD). Setelah menjalani belasan tahun sebagai Low MPV berpenggerak roda belakang, kini all new Avanza hadir dengan penggerak depan.

 "Hari ini kita memasuki era baru untuk kendaraan MPV bakal mobilitas yang lebih baik," kata Wakil Presiden Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto secara virtual.

Toyota juga menyematkan fitur keselamatan, seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist di semua model, terutama pada all new Avanza yang diperkuat dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

All new Avanza dilengkapi dengan 6 airbags, fitur rear crossing traffic alert yang memberikan notifikasi, jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur blind spot monitoring, melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan, ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot.

Photo : Toyota

All new Avanza juga dilengkapi dengan teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada Low MPV ini terdiri dari empat (4) fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking.

Fitur ini mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat.

Hadir pula fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Dilansir situs resmi Toyota Indonesia, all new Avanza dijual Rp206.2 juta hingga Rp264.4 juta, sementara all new Veloz Rp251.2 juta hingga Rp291.5 juta.

Artikel Terkait