All New Toyota Sienta Meluncur, AC Mirip Calya

All new Toyota Sienta Meluncur dengan beragam pengembangan, termasuk disematkannya teknologi hybrid pada salah satu varian

All New Toyota Sienta Meluncur, AC Mirip Calya
Photo: Global.Toyota

TRENOTO – All new Toyota Sienta resmi diluncurkan di Jepang dan telah menggunakan basis Toyota New Global Architecture (TNGA). Selain mempertahankan luasnya kabin, Toyota juga sudah menambahkan teknologi hybrid.

Toyota Sienta pertama kali meluncur pada 2003 dan generasi kedua sudah hadir di 2015. Kini generasi ketiga telah menggunakan basis TNGA-B, sama seperti yang disematkan pada Yaris serta Yaris Cross namun sedikit lebih panjang.

Dari segi dimensi, Toyota Sienta memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.670 mm dan wheelbase 2.750 mm. Dimensi diyakini cukup untuk memberikan pelanggan kenyamanan lebih saat berkendara.

Photo : Global.Toyota

Sebagai generasi baru, tidak mengherankan desainnya telah berubah total. Tampilannya lebih bersih dan mengkotak bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pada sisi depan Toyota Sienta menggunakan desain lebih sederhana bila dibandingkan generasi sebelumnya. Guna membuatnya terlihat modern, salah satu pabrikan mobil terbesar di dunia tersebut pun memasangkan lampu LED.

Bergerak ke samping, Toyota mempertahankan sliding door yang menjadi keunggulan utama dari mobil ini. Sementara itu ukuran jendela dibuat lebih besar sehingga membuat tampilannya terasa luas.

Masuk ke dalam kabin, dashboard Toyota tampil cukup modern dengan beragam fitur menarik. Mulai dari layar berukuran 10.2 inci, digital instrument cluster hingga konsol tengah yang dibuat tinggi.

Toyota Sienta generasi terbaru telah menggunakan air circulator yang mirip dengan LCGC (Low Cost Green Car) seperti Calya dan Sigra. Maklum di negara asalnya memiliki iklim 4 musim sehingga double blower tidak terlalu dibutuhkan.

Untuk jantung mekanisnya, Toyota memberi 2 pilihan yaitu mesin pembakaran konvensional dan hybrid. Untuk pilihan bensin konvensional maka pelanggan akan mendapatkan mesin Dynamic Force Engine berkapasitas 1.500 cc (M15A-FKS) yang mampu mencapai efisiensi bahan bakar 18.3 km  per liter.

Photo : Toyota

Bila tidak cocok, bisa dilihat varian hybrid karena diklaim mampu mencapai efisiensi bahan bakar lebih tinggi yaitu 28 km per liter. Hal ini dimungkinkan karena mesin Dynamic Force Engine (M15A-FXE) 1.500 cc telah dikawinkan dengan sistem hybrid.

Beragam fitur keselamatan juga sudah disematkan termasuk Toyota Safety Sense yang hadir pada semua varian. Selain itu Toyota juga telah menambahkan fitur Advance Park untuk memudahkan pengemudi memarkirkan kendaraan secara paralel.

Saat ini Toyota Sienta dijual mulai dari 1.95 juta Yen hingga 3.1 juta Yen. Jika dirupiahkan maka mobil dibanderol Rp211 juta hingga Rp337 juta.

Artikel Terkait