All new Toyota Vios Meluncur, Tampilannya Lebih Agresif

All new Toyota Vios Meluncur di Thailand dengan beragam ubahan sehingga membuat tampilannya menjadi lebih agresif dan mewah

All new Toyota Vios Meluncur, Tampilannya Lebih Agresif
Photo: Paultan

TRENOTO – Toyota Vios generasi keempat resmi melakukan debutnya di Thailand. Mobil yang dikenal dengan Yaris Altiv ini dikembangkan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) seperti Toyota Raize-Daihatsu Rocky serta Toyota Avanza-Daihatsu Xenia.

Dari segi dimensi, mobil ini memiliki dimensi yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Kini panjangnya mencapai 4.425 mm (+5 mm), lebar 1.740 (+10 mm), tinggi 1.480 (+5 mm) dan wheelbase 2.620 mm (+70 mm).

Sebagai model baru, ubahan pada mobil tentunya akan sama sekali berbeda bila dibandingkan sebelumnya. Ubahan pada sisi depan misalnya, Toyota Vios kini telah menggunakan desain baru yang lebih agresif.

Photo : Paultan

Toyota menghadirkan tampilan sporti dengan mengandalkan upper grille tipis dan disandingkan DRL berbentuk L. Sementara lower Grille dibuat lebih besar kemudian dipadukan oleh bemper berdesain baru sehingga memberi tampilan gagah.

Bergerak ke samping, kesan agresif masih terasa berkat garis-garis aerodinamika yang disematkan pada mobil. Kesan agresif tersebut didukung oleh pelek berdesain baru sehingga menjadikannya sedap dipandang.

Bergerak ke belakang, Toyota membuat kaca belakang menjadi lebih lebar sehingga pintu bagasi terasa mengecil. Meski terkesan sederhana, desain lampu belakang berhasil membuat tampilannya menjadi atraktif.

Photo : Paultan

Pengembangan tidak hanya dilakukan pada sisi luar karena Toyota juga menyematkan desain baru pada kabin. Selain telah menggunakan head unit layar sentuh berukuran 9 inci, pabrikan asal Jepang ini sudah membekalinya dengan soft touch pada beberapa bagian sehingga terasa mewah.

Teknologi keselamatan Toyota Safety Sense pun telah disematkan pada mobil. Dengan ini maka pengemudi bisa menikmati beberapa fitur keselamatan seperti autonomous emergency braking, lane keep assist, front vehicle departure alert, all-speed adaptive cruise control, pedal misoperation control dan automatic high beam.

Photo : Paultan

Di Thailand, all new Toyota Vios menggunakan mesin Dual VVT-i DOHC berkapasitas 1.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 92 hp dan torsi 110 Nm. Tenaga tersebut akan disalurkan pada 2 roda didepan melalui transmisi Super CVT-i.

Toyota Vios dijual mulai dari  539.000 baht (Rp226.2 juta) hingga 689.000 baht (Rp289.2 juta). Harga tersebut tentunya dinilai cukup kompetitif agar bisa tetap bersaing.

Toyota Vios di Indonesia sempat dikabarkan telah dihentikan produksinya. Hal ini terungkap dari salah satu video yang viral menunjukkan para pegawai pabrik Toyota mengucapkan selamat tinggal pada salah satu sedan andal

Artikel Terkait