Antre Uji Emisi, New Xpander Pede Bisa Raih Hasil Terbaik

Mitsubishi menyematkan komponen bernama EGR pada mesin New Xpander agar bisa meraih hasil terbaik dalam uji emisi karbon

Antre Uji Emisi, New Xpander Pede Bisa Raih Hasil Terbaik
Photo: Trenoto

TRENOTO – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis bahwa mobil andalan mereka, new Xpander dan Xpander Cross akan lulus uji emisi dengan hasil terbaik. Beragam persiapan pun telah dilakukan untuk memastikan seluruh kendaraan yang diuji bisa memenuhi persyaratan tersebut.

Pemerintah belakangan ini terbilang cukup ketat dalam menangani permasalahan lingkungan, termasuk kualitas udara. Hal ini dibuktikan dengan mewajibkan seluruh kendaraan yang beroperasi agar diuji emisinya. Bila tidak lulus, maka kendaraan harus diperbaiki dan mengulangi uji emisi.

Aturan emisi karbon juga diatur untuk menentukan besaran pajak pada mobil baru. Sehingga mobil baru yang dipasarkan dengan nilai emisi karbon tinggi, akan dibebankan nilai pajak lebih besar.

Photo : Trenoto

Guna memenuhi aturan tersebut Mitsubishi pun menambahkan komponen baru pada new Xpander dan Xpander Cross. Komponen ini diklaim mampu mengurangi zat berbahaya saat uji emisi kendaraan, sekaligus menambah efisiensi penggunaan bahan bakar.

“Walau kami menggunakan mesin yang sebenarnya sama, tapi ada sistem baru yaitu EGR (Exhaust Gas Recirculatuion). Dengan ini maka efisiensi BBM pada mesin akan menjadi lebih optimal dan tingkat emisi akan lebih baik,” ungkap Guntur Harling General Manager and Product Strategy Division PT MMKSI.

Ia pun menambahkan bahwa seluruh tipe Mitsubishi Xpander telah di uji emisinya secara mandiri dan hasilnya baik. Namun saat ini, pihaknya juga masih menunggu antrean dari Kementerian Pehubungan untuk dilakukan uji emisi.

“Sesuai dengan regulasi Pemerintah, kami akan selalu mengikuti aturan. Kami berkeyakinan bahwa Xpander dan Xpander Cross dapat memberikan hasil yang optimum,” tambah Guntur kemudian.

Low MPV yang merupakan rival dari Toyota Avanza 2022 ini hadir dengan beberapa pengembangan baru dan baru diperkenalkan di GIIAS 2021. Dalam ubahan yang dilakukan, Mitsubishi Xpander mendapatkan beberapa perubahan menarik hingga diyakini bisa bersaing dengan kendaraan lain.

Selain sudah mendapatkan EGR untuk meningkatkan kualitas emisi gas buang, mobil ini juga telah menggunakan transmisi CVT. Sistem transmisi ini diyakini akan meningkatkan kenyamanan berkendara karena tidak ada hentakan yang dirasakan saat mobil berakselerasi.

Artikel Terkait