Asuransi Mobil Listrik Tidak Termasuk Banjir

Asuransi mobil listrik hadir untuk memberikan kenyamanan lebih, namun belum bisa melindungi dari banjir

Asuransi Mobil Listrik Tidak Termasuk Banjir
Photo: 123rf

TRENOTO – Asuransi mobil listrik diperlukan untuk bisa melindungi kemungkinan hal terburuk yang bisa terjadi. Asuransi Astra melalui produknya Garda Oto siap memberikan jaminan kepada para pemilik mobil listrik.

Kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat merupakan salah satu penunjang utama aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Terutama di kota besar nan padat penduduk, banyak orang mengandalkan kendaraan bermotor untuk menunjang kesehariannya.

Namun menggunakan kendaraan bermotor tetap memiliki risiko kecelakaan di jalanan. Bahkan di kota besar tingkat risiko insiden berpotensi lebih besar.

Photo : 123RF

Berdasarkan data Kemenhub (Kementrian Perhubungan, angka kecelakaan lalu lintas rata-rata meningkat setiap tahunnya. Jumlahnya sempat melandai ketika Pemerintah memberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat pada 2020.

Tingginya angka kecelakaan di jalan, maka pengguna kendaraan wajib mengelola risiko dengan selalu waspada, menghindar dari potensi hal buruk bisa terjadi, lalu yang paling terakhir adalah membeli produk asuransi.

Asuransi dapat melindungi kendaraan dari potensi terjadinya tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok. Selain itu juga melindungi dari perbuatan jahat, pencurian termasuk dengan kekerasan, kebakaran hingga kerusakan selama penyebrangan kapal di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat.

Baca juga : Daftar Mobil Listrik yang Dijual di GIIAS 2022

Belakangan popularitas kendaraan listrik terus berkembang dengan pesat. Seiring dengan niatan Pemerintah untuk mengurangi emisi karbon dalam negeri, mobil dan motor listrik terus bertambah populasinya.

Seperti disebutkan di atas, potensi kecelakaan di jalanan akan selalu menghantui bagi para pengguna kendaraan. Tidak terkecuali mobil listrik yang kini mulai beredar di kota besar.

Asuransi Astra menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan perlindungan mobil ramah lingkungan. Hal ini tentunya memberikan kenyamanan lebih dalam kepemilikan maupun penggunaannya sehari-hari.

Namun asuransi untuk mobil listrik mendapat perlakuan berbeda dibandingkan mobil konvensional. Garda Oto mengatakan belum memberikan perluasan jaminan asuransi.

Photo : 123rf

“Sebenarnya secara regulasi aturan khusus mobil listrik belum ada aturan yang spesifik. Tapi Garda Oto bisa meng-cover mobil listrik tapi tanpa perluasan banjir,” kata Wirawan Prasetyo, Retail Technical Analyst Asuransi Astra di BSD (18/08).

Ia menambahkan bahwa secara spesifikasi mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional. Hal inilah yang membuat pihaknya belum bisa menerima perluasan tersebut.

Garda Oto sendiri memiliki sistem perluasan jaminan meliputi tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri pengemudi, bendana alam, huru-hara dan kerusuhan, kecelakaan diri pengemudi atau penumpang hingga terorisme atau sabotase.

Artikel Terkait