Avanza dan Xenia 2022 di Mata Pengunjung GIIAS 2021

Avanza dan Xenia 2022 hadir menawarkan banyak ubahan, lalu mana yang lebih baik di mata pengunjung

Avanza dan Xenia 2022 di Mata Pengunjung GIIAS 2021
Photo: Pribadi

TRENOTO – Memiliki beragam perubahan, Avanza dan Xenia 2022 tampil untuk pertama kalinya di depan publik pada ajang GIIAS 2021. Acara yang berlangsung pada 11 hingga 21 November 2021, dipadati oleh masyarakat yang hendak melihat kedua idola baru tersebut.

Meski memiliki tampilan serupa, terdapat sejumlah perbedaan antara kedua, terlebih dari sisi fitur yang disematkan, lalu model mana yang lebih dipilih pengunjung, apakah Avanza atau Xenia terbaru?

Mencari tahu hal tersebut, TrenOto mencoba bertanya kepada sejumlah pengunjung, salah satunya Dita. Datang beserta suami, ibu dua anak ini menyebut Avanza lebih menarik perhatian karena bengkel resmi Toyota lebih mudah ditemui.

"Kalau aku sih pilih Avanza kali ya, soalnya kalau mau servis kayanya lebih gampang deh. Di dekat rumah juga ada dealer resmi Toyota, jadi kayanya lebih mudah kalau ada apa-apa sama mobil," katanya di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Hal serupa juga disampaikan Riki, pria berusia 27 tahun ini menyebut, Avanza 2022 memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan Xenia. Karena itu, Ia cenderung melirik andalan Toyota Indonesia tersebut.

"Yang aku baca sih Avanza kayanya lebih lengkap dari sisi fitur ya, jadi aku lebih suka Avanza. Kalau dari sisi harga juga paling perbedaannya enggak terlalu jauh. Nama Toyota juga lebih terkenal jadi kayanya aku akan lebih pilih ini," ujarnya.

Meski demikian, Satrio menyebut harga yang ditawarkan Xenia lebih terjangkau, sehingga Ia akan lebih memilih mobil ini. Tak hanya itu, Ia menjelaskan kedua mobil merupakan produksi pabrik Daihatsu, hal inilah yang mendorong dirinya untuk lebih memilih Xenia.

"Kedua sama-sama diproduksi Daihatsu, harga Xenia juga lebih terjangkau. Aku sih pasti pilih ini lah. Kalau bicara after sales, bengkel resminya juga banyak kok. Aku sering ketemu bengkelnya. Enggak susah juga, harga servisnya juga pasti lebih murah. Aku soalnya pakai Daihatsu saat ini," tuturnya.

Dari sisi tampilan, mobil kembar tersebut mengalami perubahan signifikan. Dari sisi depan terlihat jelas kombinasi grille besar, lampu utama sipit berteknologi LED plus lampu kabut atau fog lamp tinggi. 

Masuk ke jantung pacu, mobil ini disematkan mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 96 hp dan torsi 121.6 Nm. Sementara mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder dipercaya menghasilkan tenaga 104 hp dan torsi 137 Nm.

Perubahan yang juga menarik perhatian ialah, sistem penggerak roda depan (FWD). Setelah menjalani belasan tahun sebagai Low MPV berpenggerak roda belakang, kini Avanza dan Xenia 2022 hadir dengan penggerak roda depan.

Artikel Terkait