Begini Cara Korlantas Dukung Program Smart City di Surakarta

Korlatas dukung program smart city di Surakarta yang digagas oleh pemerintah kota untuk memastikan keselamatan berkendara

Begini Cara Korlantas Dukung Program Smart City di Surakarta
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Pemerintah Surakarta tengah melakukan pembenahan untuk bisa menjadi Smart City. Menariknya dalam program Smart City, semua data akan terintegrasi dengan layanan berbasis teknologi informasi yang ada di Traffic Management Center (TMC).

Irjen Firman Santyabudi, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri pun mengapresiasi langkah Pemerintah kota Surakarta. Dalam kunjungannya ke Kota Solo, Ia menegaskan akan menyusun standar operasional prosedur (SOP) untuk program Smart City.

“Kami tengah menyusun standar operasional prosedur (SOP) untuk menjadi panduan dalam program Smart City di Solo. Kami berharap, modernisasi di bidang teknologi informasi mampu meningkatkan keefektifan dan transparansi dalam tugas Korlantas Polri,” jelas Firman.

Photo : NTMC Polri

Smart City dapat diartikan sebagai kota cerdas dengan pendekatan Korlantas berslogan ‘Smart Living Smart Mobility’. Menurut Firman, program tersebut dibuat sebagai kebijakan Polri untuk pelayanan publik.

“Kita akan menerapkan aplikasi-aplikasi yang mendukung kelancaran pelayanan masyarakat, khususnya di Surakarta. Kita akan mendukung melalui penambahan sistem di lapangan,” tegas Kakorlantas.

Ia pun menjelaskan bahwa Korlantas beserta pihak berwenang lainnya akan membangun pusat komunikasi, koordinasi serta informasi di tiap daerah. Dengan modernisasi teknologi informasi diharapkan bisa menjadi dukungan Smart City dan mempercepat program pemulihan ekonomi nasional.

Tak hanya melakukan Smart City, Korlantas Polri juga akan menghadirkan Safety Driving Centre. Tujuannya untuk melakukan monitoring serta mendukung terciptanya keamanan lalu lintas bagi para pengguna jalan.

Photo : Jasa Marga

“Ini perlu dukungan masyarakat secara penuh. Masyarakat bisa berperan aktif menjadi peserta lalu lintas, yang kita harapkan bukan karena dikontrol oleh sistem dan kamera, tapi memang betul-betul siap untuk jadi pemakai jalan,” pungkas Firman.

Selama ini Korlantas memang cukup giat dalam meningkatkan layanannya melalui beragam pengembangan khususnya di bidang teknologi. Salah satunya yang sudah terealisasi dengan baik adalah tilang elektronik di beberapa lokasi di Indonesia.

Namun itu saja rupanya dirasa belum cukup. Belakangan mereka juga mengembangkan beberapa terobosan lain seperti SIM online yang tentunya diyakini bisa lebih optimal melayani masyarakat di masa depan.

Artikel Terkait