Beli Mazda Inden 3 Bulan, Krisis Cip Masih Menghantui

Konsumen yang ingin membeli Mazda inden selama 3 bulan karena masih terkendala sulitnya mendapatkan cip semikonduktor

Beli Mazda Inden 3 Bulan, Krisis Cip Masih Menghantui
Photo: Mazda

TRENOTO – Krisis cip yang terjadi secara global ternyata berpengaruh pada produksi kendaraan otomotif roda empat, tak terkecuali Mazda. Masih mendatangkan kendaraan secara CBU (Completely Build Up) atau utuh ke Indonesia, hal ini tentu berpengaruh pada ketersediaan barang.

Fedy Dwi Parileksono selaku Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengatakan, konsumen yang ingin melakukan pembelian unit Mazda inden.

"Memang enggak ada barangnya. Jadi memang kelangkaan mobil karena cip juga. Indennya sekitar 2 sampai 3 bulan. Pesanan dari bulan sebelumnya juga masih banyak yang belum terpenuhi," katanya kepada TrenOto, Jumat (25/2/2022).

Saat disinggung solusi terkait hal ini, Fedy mengaku pihaknya tak bisa berbuat banyak. Hal ini dikarenakan barang yang dijual tidak tersedia karena salah satu komponen langka.

"Enggak ada solusi, hanya harus nunggu barangnya. Cuma memang nanti di bulan Maret akan ada yang datang untuk memenuhi kebutuhan pembelian sebelumnya," ujarnya.

Pabrikan mobil asal Jepang tersebut juga pasrah apabila terdapat konsumen yang membatalkan pembelian serta adanya penurunan penjualan akibat kelangkaan cip.

"Iya itukan risiko," tutur Fedy.

Photo : Mazda

Fokus Mazda Tahun Ini

Sebelumnya, Mazda mengaku pihaknya akan lebih fokus terhadap segmen SUV khususnya di 2 tahun ke depan. Hal ini sesuai dengan rencana bisnis Mazda Corporation yang akan lebih mengedepankan Crossover SUV untuk pasar Indonesia seperti CX-60 dan CX-80.

Walau hendak menghadirkan model baru, CX-5 yang saat ini duduk sebagai crossover SUV di Tanah Air tetap akan dipertahankan. Namun tentunya dengan melakukan beberapa peningkatan agar tetap bisa menarik perhatian pelanggan.

“Fokus kepada jajaran SUV sudah menjadi rencana bisnis PT EMI untuk 2022 dan kedepannya. Kami akan menghadirkan produk dengan teknologi terkini yang sudah dilansir oleh Mazda Corporation,” ungkap Ricky Thio, Managing Director PT EMI akhir tahun lalu.

Saat ini, Mazda memiliki beragam pilihan model di Indonesia, seperti Mazda 3 Sedan, Mazda 3 Hatchback, Mazda 6 Estate Sedan, CX-8 Elite SUV, CX-30 SUV dan CX-3 1.5L.

Saat ini Mazda menjadi salah satu peserta BCA Expoversary 2022, namun lagi-lagi konsumen harus dibuat gigit jari karena unitnya tidak tersedia.

Artikel Terkait