Belum Meluncur, Suzuki Grand Vitara 2022 Terpesan 40 Ribu Unit

Menjadi pilihan SUV terbaru, Suzuki Grand Vitara 2022 telah terpesan puluhan ribu unit sebelum resmi meluncur

Belum Meluncur, Suzuki Grand Vitara 2022 Terpesan 40 Ribu Unit
Photo: Cartoq

TRENOTO – Suzuki Grand Vitara 2022 dipastikan meluncur awal September 2022 di India dengan beragam keunggulan. Telah membuka pemesanan bagi calon konsumen di diler resmi, mobil SUV tersebut telah terpesan 40 ribu unit jelang kemunculannya.

Seperti dilansir Cartoq Senin (29/8/2022), Suzuki memastikan bila pihaknya akan mulai melakukan pengiriman unit sesaat setelah kendaraan resmi diluncurkan. Berbagi platform dengan Toyota Urban Cruiser Hyryder, kedua mobil akan diproduksi berdampingan di pabrik Bidadi, Bengaluru, India.

Untuk jantung pacu yang disematkan, kedua mobil tersebut tersedia dengan dua pilihan mesin yakni 1,5 liter K15C bensin hybrid ringan dan 1,5 liter TNGA strong hybrid.

Photo : Cartoq

Khusus motor bensin K15C tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 102 hp dengan torsi sebesar 137 Nm. Mesin tersebut serupa dengan milik Suzuki XL6 dan Brezza.

Hadir pertama kali di India, sistem TNGA strong hybrid memiliki output lebih besar hingga 91 hp dengan torsi maksimal 122 Nm hanya untuk mesin bensin serta motor listrik berkekuatan 78 hp dan torsi 141 Nm. Sumber daya kendaraan tersebut disalurkan melalui gearbox otomatis CVT ke roda depan.

Selain memiliki tenaga gabungan hingga 114 hp, TNGA strong hybrid pada Grand Vitara juga mampu beroperasi pada mode listrik penuh hingga jangkauan 25 kilometer. Efisiensi bahan bakar untuk mobil ini mencapai 30 kilometer per liter atau lebih hemat bahan dibandingkan SUV bertenaga diesel. 

Photo : Cartoq

Menambah kesan gagah mobil SUV, kedua model juga memiliki opsi penggerak semua roda khusus transmisi manual. Dari sisi fitur, pabrikan otomotif asal Jepang ini juga memberikan beragam sistem canggih seperti panoramic sunroof, jok kulit berwarna hitam, setir kulit imitasi, kamera 360 derajat dan sistem pemantauan tekanan ban.

Meski belum ada informasi terkait harga, beberapa diler resmi telah mengeluarkan estimasi untuk Suzuki Grand Vitara 2022 yakni mulai dari Rs. 9,5 lakh atau setara dengan Rp176 jutaan.

Hingga saat ini pemesanan kendaraan di India masih terus dibuka diler resmi Suzuki. Namun, melihat antusias calon konsumen yang cukup besar membuat diler menegaskan kalau masa inden kendaraan kemungkinan akan lebih lama dari estimasi awal pabrikan sesaat setelah diluncurkan.

Artikel Terkait