Biaya Perawatan Bugatti Chiron Setara 12 unit Toyota Alphard Baru

Biaya perawatan Bugatti Chiron Pur Sport mencapai Rp 12.5 miliar per 4 tahun meliputi sparepart, jasa, pajak dan lainnya

Biaya Perawatan Bugatti Chiron Setara 12 unit Toyota Alphard Baru
Photo: Istimewa

TRENOTO – Biaya perawatan Bugatti Chiron baru-baru ini dihitung secara detail oleh penggemar Bugatti asal Malaysia yang tinggal di Singapura bernama Muhammad Al Qawi Zamani. Untuk mendapatkan keterangan lengkap, ia menyambangi showroom Bugatti yang belum lama ada di Singapura.

Data yang dibeberkan Zamani cukup spesifik karena  dia menghitung biaya perawatan Bugatti Chiron Pur Sport dalam waktu 4 tahun. Untuk diketahui, hypercar ini merupakan edisi terbatas yang dijual $ 3 juta atau setara hampir Rp 43 miliar.

Program layanan Bugatti dipegang oleh sebuah tim yang terdiri dari 10 teknisi terlatih dan siap untuk mengunjungi pemilik ke seluruh belahan dunia. Tentunya sangat ahli dalam memperbaiki Chiron dan Veyron serta siap untuk dihubungi kapan saja pemilik memiliki masalah.

Photo : Facebook

Layanan service pertama jatuh setelah 14 bulan mobil dibeli atau setara 16 ribu km. Teknisi akan melakukan pergantian oli mesin menggunakan Castrol Edge Fluid Titanium Technology SAE 10W-60 berikut filter oli, cairan coolant dan enam belas sumbat drainase dengan total biaya $ 24.979 atau lebih dari Rp 350 juta. 

Cukup mahal bukan untuk ukuran service pertama. Tapi ini belum seberapa karena masih ada biaya selangit lainnya.

Contoh adalah perawatan ban yang harus diganti setiap 16 sampai 18 bulan atau tergantung pemakaian. Bugatti sendiri memberikan pilihan karakter ban sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Jika butuh traksi maksimum atau digunakan kompetitif seperti di trek, digunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2R yang memang dikembangkan khusus untuk Chiron Pur Sport berukuran 285/30 R20 di depan dan 355/25 R21 di belakang. Harganya mencapai $ 41.965 atau hamir Rp 600 juta per set. 

Sementara jika pemilik mengutamakan kenyamanan, Bugatti akan memberikan pilihan ban Pirelli Winter Sottozero 3, Michelin Pilot Sport PAX, atau Michelin Pilot Sport Cup 2 XL. Harga per setnya tentu lebih murah yakni $ 7.993 atau sekitar Rp 114 juta.

Jangan lupa, setiap 14-16 bulan atau 16 ribu km Anda juga harus mengganti pelek. Harga satu setnya mencapai $ 49.958 atau sekitar  713 jutaan.

Artikel Terkait