Bridgestone Bakal Hadirkan Ribuan SPKLU di Eropa

Bridgestone menggandeng berbagai pihak untuk mengembangkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Eropa

Bridgestone Bakal Hadirkan Ribuan SPKLU di Eropa
Photo: 123RF

TRENOTO – Bridgestone menggandeng provider spesialis SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) EVBox untuk mengembangkan stasiun pengisian di seputar wilayah Eropa dan sekitarnya.

Lebih jauh kedua belah pihak juga menyertakan TSG sebagai provider urusan teknis dalam pengembangan tersebut. Rencananya mereka akan menambah jumlah stasiun pengisian ulang baterai hingga lima tahun ke depan.

Di Eropa sendiri, populasi kendaraan listrik terus bertambah dari hari ke hari. Produsen yang ikut mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini juga semakin banyak.

Manufaktur sepeda motor banyak mengembangkan kendaraan komuter yang cocok untuk kaum urban. Sementara pabrikan mobil berlomba-lomba menghadirkan kendaraan bertenaga listrik yang memiliki daya jelajah tinggi.

Benua Biru tersebut saat ini tengah fokus untuk menurunkan jumlah emisi dari kendaraan. Maka dari itu, investasi di kendaraan listrik dan segala pendukungnya menjadi salah satu peluang yang menjanjikan.

Kolaborasi yang dilakukan oleh Bridgestone dikatakan akan mendirikan SPKLU, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 3.500 unit. Adapun fasilitas tersebut akan menjangkau daerah-daerah di luar area Bridgestone selama ini.

Sebagai langkah pertama, mereka akan mendirikan fasilitas tersebut di Perancis dan Italia. Setelah sukses di dua negara tersebut, target selanjutnya adalah negeri Ratu Elizabeth dan terus menyasar ke seluruh Eropa.

Fasilitas SPKLU hasil kolaborasi ini sendiri akan menyediakan dua mode pengisian yakni AC dan DC fast charging. Adapun rute favorit yang kerap dilalui kendaraan on demand akan mendapatkan lebih banyak fasilitas fast charging.

EVBox sendiri bukanlah pemain baru dalam pembuatan SPKLU di Eropa. Dengan adanya kerjasama ini, jaringan keduanya akan semakin banyak. EVBox telah memulai bisnis tersebut sejak 2010 dan akan semakin besar dengan adanya kolaborasi ini.

Dikutip dari Rideapart, hingga September 2021 sudah ada SPKLU yang jumlahnya mencapai 130 ribu unit di seluruh dunia.

“Bridgestone berkomitmen untuk mendorong percepatan lahirnya era baru kendaraan listrik di seluruh Eropa. Membangun jaringan ritel dan layanan kendaraan listrik yang benar-benar siap sangat penting dalam membantu pengemudi untuk beralih,” ucap Christophe de Calroger, Vice President of Retail Operations Bridgestone EMIA.

Saat ini di Indonesia SPKLU jumlahnya masih sangat terbatas. Sebut saja PLN (Perusahaan Listrik Negara), Pertamina, Shell dan beberapa APM (Agen Pemegang Merek) mobil yang menyediakan layanan tersebut.

Artikel Terkait