Bukan hanya Rocky, Gran Max dan Luxio Juga Kena Recall

Lebih dari 11.000 Gran Max dan Luxio juga kena recall karena adanya masalah program pada ECU kendaraan

Bukan hanya Rocky, Gran Max dan Luxio Juga Kena Recall
Photo: Daihatsu

TRENOTO – Selain melakukan recall untuk Rocky, PT Astra Daihatsu juga melakukan recall terhadap GranMax serta Luxio. Sedikitnya ada 11.734 unit Gran Max dan Luxio juga kena recall karena adanya kesalahan dalam komponen ECU.

Recall ini berlaku untuk mobil periode produksi 9 September 2021 – 21 Januari 2022. Fenomena yang umum ditemui pada unit terdampak di atas adalah RPM tidak stabil, mesin knocking serta kinerja mesin tersendat hingga mati.

“Program ini dilakukan setelah mendapat masukan dari beberapa wilayah, kemarin ada fenomena rpm tidak stabil, mesinnya knoking dan mesin tersendat hingga mati. Dari investigasi ditemukan ada masalah pada ecu engine,” ungkap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.

Photo : Daihatsu

Masalah tersebut rupanya merupakan salah satu dampak dari adanya pandemi Covid-19 pada 2020. Pada awal pandemi, pasar otomotif menurun drastis sementara permintaan terhadap gadget meningkat pesat.

Kondisi tersebut menyebabkan produsen cip lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan pasar gadget dibanding otomotif. Namun pada pertengahan 2021, kondisi berubah dan pasar otomotif di Indonesia mulai kembali meningkat.

“Pertengahan 2021 pasar mobil mulai naik sehingga ada pertukaran cip, dari tadinya dipakai untuk elektronik jadi digunakan juga di otomotif. Pelanggan di Indonesia juga membutuhkan mobil sehingga Daihatsu menggunakan multisource chip dan ternyata berdampak pada program ECU,” ungkapnya.

Sedikitnya sudah ada 18 unit yang mengalami permasalahan tersebut. Untuk itu, Daihatsu pun akhirnya memutuskan untuk merecall Gran Max dan Luxio kemudian memprogram ulang ECU kendaraan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Photo : Daihatsu

Daihatsu menyarankan para pelanggan yang mobilnya masuk ke dalam program recall untuk menghubungi bengkel resmi terdekat. Pasalnya perbaikan yang dilakukan tidak membutuhkan waktu lama, yaitu hanya 15 menit.

Tak hanya itu, Daihatsu juga akan menghubungi pemilik kendaraan agar melakukan program ulang kendaraannya. Namun, pelanggan juga bisa memastikannya sendiri dengan mengunjungi situs resmi Daihatsu kemudian memasukkan nomor rangka kendaraan.

Meski waktu perbaikan tidak memakan waktu lama, pelanggan disarankan untuk tetap melakukan booking terlebih dahulu. Hal ini penting agar pelanggan tidak mengantri telalu lama di bengkel.

Artikel Terkait