Bukan Mobilio, Honda Fokus pada BR-V untuk Segmen 7 Penumpang

Mobilio semakin tertinggal, Honda fokus pada BR-V untuk memenuhi kebutuhan pasar 7 penumpang di Indonesia

Bukan Mobilio, Honda Fokus pada BR-V untuk Segmen 7 Penumpang
Photo: Honda

TRENOTO – Penyegaran secara signifikan pada Honda Mobilio tampaknya masih akan menunggu waktu lebih lama. Maklum, Honda Prospect Motor telah menegaskan akan lebih fokus pada BR-V untuk memenuhi kebutuhan pasar 7-seater di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM). Menurutnya, Honda BR-V dinilai telah memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat di Indonesia.

“Kami belum bisa bicara kapan akan diperbarui, tapi kami akan terus menjual Mobilio, nanti ada strategi sendiri untuk itu. Sekarang untuk 7 penumpang, sementara ini kami akan fokus pada BR-V ,” tegas Yusak.

Photo : Trenoto

Ia pun menambahkan bahwa keputusan itu dibuat karena saat ini pasar terbesar di Indonesia terdiri dari 3 segmen yautu LCGC, LMPV dan LSUV. Untuk itu pihaknya tetap akan fokus terhadap ketiga segmen tersebut.

“Sekarang masuk lagi segmen compact SUV dan dimana ada market, akan kami pelajari, kami pasti mempersiapkan produk sesuai kebutuhan konsumen. Kalau konsumen sudah mengarah kesana, kami akan palajari juga,” tegasnya.

Dari seluruh LMPV di Indonesia, hanya Honda Mobilio yang masih belum mendapat pengembangan signifikan. Bahkan dibandingkan dengan model-model Honda lain, Mobilio boleh dikatakan penjualannya kurang signifikan.

Berdasarkan data penjualan Desember 2021, Honda Mobilio hanya berhasil terjual sebanyak 502 unit. Jumlah tersebut jauh di bawah Honda Brio yang kini menjadi tulang punggung penjualan yaitu 2.573 unit.

Photo : Honda

Honda Mobilio sendiri sebenarnya memiliki sejarah yang cukup baik di Indonesia. Bahkan pada awal penjualannya, Mobilio berhasil menjadi pilihan baru LMPV setelah sebelumnya dikuasai oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia serta Suzuki Ertiga.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 116 hp dan torsi 145 Nm. Ada 2 pilihan transmisi yaitu CVT dan manual 5 percepatan sehingga pelanggan bisa menyesuaikan keinginan serta kebutuhannya masing-masing..

Honda Mobilio hadir dalam 4 varian dan dijual dengan harga mulai dari Rp197.6 juta hingga Rp250 juta. Rentang harga tersebut terbilang cukup kompetitif bila dibanding LMPV dari kompetitornya saat ini.

Artikel Terkait