Car Free Day Jakarta Ada Lagi di 6 Lokasi, Bekasi Ikutan

Car Free Day Jakarta kembali digelar dengan beberapa pengembangan berdasarkan evaluasi yang sudah dilakukan

Car Free Day Jakarta Ada Lagi di 6 Lokasi, Bekasi Ikutan
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Gelaran Car Free Day atau biasa dikenal CFD kembali diselenggarakan di Jakarta pada 29 Mei 2022. Lokasinya pun tidak berubah, masih di 6 titik sehingga diharapkan bisa membuat konsentrasi kepadatan terpecah.

Syafrin Limpo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan bahwa pihaknya bahkan akan melakukan evaluasi. Ia mempertimbangkan untuk mengizinkan pedagang kaki lima untuk kembali menjajakan dagangannya.

“Kemarin masih tebatas waktu pelaksanaannya, hanya sampai pukul 10.00 WIB dan belum ada PKL. Akan dievaluasi, jika memang memungkinkan kami buka dengan memperbolehkan partisipan serta PKL,” terangnya.

Photo : NTMC Polri

Meski dianggap berhasil, Polda Metro Jaya sempat menyoroti kurangnya kepedulian masyarakat untuk mengakses PeduliLindungi saat CFD. Hal ini disampaikan oleh Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya.

“Evaluasinya tentu kedisiplinan masyarakat untuk menggunakan akses PeduliLindungi langsung ke area CFD. Tentu harus dibarengi dengan perbanyak petugas di pintu masuk untuk memastikan masyarakat ikuti aturan,” ungkapnya.

Lokasi CFD DKI Jakarta

Photo : NTMC Polri

  • Jalan Jend. Sudirman – Jalan MH Thamrin (Patung Arjuna Wijaya hingga Patung Pemuda Membangun).
  • Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun hingga CSW), Jakarta Selatan.
  • Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang hingga Business Hotel Tomang), Jakarta Barat.
  • Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton hingga GOR Sunter), Jakarta Utara.
  • Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni hingga Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat.
  • Jalan Pemuda (Simpang Arion hingga Simpang TU-GAS), Jakarta Timur.

Diikuti Pemerintah Kota Bekasi

Mulai dilakukannya CFD di DKI jakarta rupanya juga ingin diikuti oleh Pemerintah Kota Bekasi. Mereka berencana untuk menggelar kegiatan serupa pada 29 Mei 2022 di Jalan Ahmad Yani, bekasi.

“Kita akan kembali mengadakan CFD yang selama dua tahun lebih ditiadakan. Fokus di Jalan Ahmad Yani, baru satu aja dulu di sepanjang jalan,” ungkap Yayan Yuliana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi beberapa waktu lalu.

Meski tidak diwajibkan menggunakan masker, Ia tetap menyarankan kepada peserta untuk menjaga protokol kesehatan khususnya dalam menjaga jarak. Selain itu disarankan juga menghindari kerumunan selama penyelenggaraan.

Artikel Terkait