Cara Daihatsu Goda Konsumen di Manado

Menjadi penguasa pasar, ini cara Daihatsu goda konsumen di Wilayah Indonesia Timur khususnya di Manado

Cara Daihatsu Goda Konsumen di Manado
Photo: TrenOto

TRENOTO – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar sesi test drive new Sirion di Tomohon, Manado. Pemilihan kota ini ternyata bukanlah tanpa sebab.

Selama lima tahun belakangan, penjualan Daihatsu di kota Manado memiliki market share tertinggi dibandingkan merek lainnya. Merek asal Jepang ini menguasai 34 persen pangsa pasar di kota berjuluk 1001 gereja.

“Kalau kita lihat di Sulawesi Utara year to date (ytd) April, Daihatsu menduduki posisi nomor satu dengan market share 34 persen diikuti Toyota dan Honda,” kata Tulus Pambudi, Kepala Wilayah Indonesia Bagian Timur PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) di Tomohon, Manado pada sesi Jounalist Test Drive (21/06).

Photo : TrenOto

Ia menyebutkan bahwa LCGC (Low Cost Green Car) merupakan model paling laris di Sulawesi Utara. Seperti diketahui produk mobil murah Daihatsu adalah Sigra dan Ayla, dengan market share sebesar 38 persen.

Lalu model terlaris kedua Daihatsu adalah Gran Max pick up dengan angka penjualan sebesar 31 persen. Kemudian posisi ketiga dihuni Lo MPV andalan mereka yakni Xenia ditambah Grand Max Minibus dan Blind Van juga Luxio.

Sementara Daihatsu Sirion sendiri yang baru diluncurkan hanya mendapatkan porsi 1 persen atau paling kecil. Sebaran city car entry level tersebut masih di bawah Terios dan Rocky.

Menjadi penguasa pasar di Sulawesi Utara khususnya Manado, Daihatsu memiliki cara sendiri untuk menggoda konsumen. Dikatakan mereka memberikan perlakuan khusus bagi calon konsumen berprofesi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Photo : TrenOto

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survey profesi idaman anak muda Manado adalah PNS. Pada umumnya usai menuntaskan pendidikan di jalur kuliah, mereka cenderung memilih untuk berkarir sebagai PNS.

“PNS cukup punya gengsi di Manado dan kontribusinya mencapai 20 persen. Kami memberikan kemudahan bagi PNS yang sudah diangkat bukan pegawai lepas atau honorer,” jelasnya kemudian.

Disebutkan Daihatsu Manado memberikan godaan bagi calon konsumen dengan paket bunga berbeda dengan umum. Proses mendapatkan kendaraan juga dipermudah oleh diler.

Selain itu untuk pembelian secara kredit, PNS mendapat kemudahan seperti proses survey yang gampang. Cara tersebut dianggap cukup berhasil menarik minat masyarakat.

Artikel Terkait