Cara Mudah Deteksi Mobil Bekas Korban Banjir

Khusus buat yang sedang hunting mobil bekas, hati-hati, pastikan bahwa mobil incaran Anda bukan korban banjir. 

Cara Mudah Deteksi Mobil Bekas Korban Banjir
Photo: katadata

TRENOTO – Mobil bekas korban banjir hampir pasti memiliki bahaya laten di masa depan. Jika tidak ditangani dengan benar, mobil bekas korban banjir memiliki beragam penyakit. Sebut saja mulai dari bodi keropos, mesin dan transmisi bermasalah, panel-panelnya tidak berfungsi sempurna karena arus pendek, interior lembab juga tidak sehat serta masih banyak yang lainnya.

Tenang, sejatinya melakukan deteksi awal mobil bekas korban banjir bukan hal yang sulit, tidak harus jadi insinyur ahli mesin apalagi nuklir dulu untuk mengetahuinya. Cukup pantau panduan-panduan berikut ini.

1. Jangan Tergiur Harga di Bawah Pasaran

Jangan langsung berbinar-binar jika melihat iklan atau menerima tawaran mobil bekas dengan harga miring atau di bawah pasaran. Hal ini harusnya justru menambahkan kewaspadaan Anda, jangan-jangan mobil bekas ini korban banjir atau mungkin hasil kejahatan, jadi waspadalah.

2. Cek Domisili Mobil Bekas Incaran

Hal ini dilakukan sebagai identifikasi awal. Cek alamat pada surat-surat kendaraan, nah jika diketahui daerahnya langganan atau rawan banjir sebaiknya sebisa mungkin Anda hindari untuk membelinya.

3. Cek Beberapa Bagian Bodi

Dibutuhkan ketelitian untuk memeriksa mobil bekas banjir. Banyak penjual apalagi pedagang mobil bekas yang sudah lihai menutupi tanda-tanda kebanjiran. 

Montir-montir poles handal bisa dengan mudah menghapus jejaknyanya. Namun demikian, biasanya ada beberapa bagian yang luput dari tangan-tangan terampil tukang poles.   

Yang Anda perlukan adalah mencermati garis-garis bekas air atau endapan lumpur hingga uap air. Anda bisa mulai memperhatikan celah-celah pintu dengan posisi terjepit. Paling gampang adalah bagian engsel pintu depan, posisinya sulit untuk digapai tangan apalagi alat poles.

Biasanya jika mobil bekas banjir, terlihat noda garis-garis kuning dan meninggalkan jamur yang luput dibersihkan. 

Jangan lupa, Anda lanjutkan pengecekan ke daerah bagasi tepatnya di tempat penyimpanan ban serep. Biasanya karena relatif tertutup, posisi ini tidak dibersihkan dengan benar. Waspadai jika ada spot-spot karat pada bagian tersebut.

Selanjutnya cek semua lampu-lampu mobil bekas incaran Anda. Beri perhatian ekstra pada batok lampu bagian depan juga belakang. Jika lampu masih bagus tidak pecah namun terlihat mengembun Anda patut curiga mobil pernah terendam.

Artikel Terkait