Cikarang Jadi Basis Produksi Wuling Air ev, Target 10 Ribu Unit

Siap di ekspor ke beberapa negara dengan setir kanan, target produksi Wuling Air ev mencapai 10 ribu unit setiap tahunnya

Cikarang Jadi Basis Produksi Wuling Air ev, Target 10 Ribu Unit
Photo: TrenOto

TRENOTO – Produksi Wuling Air ev di Indonesia tak hanya memenuhi kebutuhan pasar domestik namun juga siap di ekspor ke beberapa negara yang menerapkan setir kanan.

Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors menjelaskan bila pihaknya memiliki target produksi hingga 10 ribu unit setiap tahunnya.

"Indonesia ini menjadi basis produksi untuk setir kanan di dunia. Kami masih menjajaki untuk ekspor dan memang beberapa negara sudah menyampaikan ketertarikan untuk memasarkan Wuling Air EV ini,” jelasnya.

Photo : TrenOto

Sejalan dengan hal ini, Shi Guoyong selaku Presiden Direktur Wuling Motors menyebut Indonesia sebagai tempat peluncuran perdana mobil ramah lingkungan tersebut . Hal ini tak terlepas dari peran penting pasar otomotif Tanah Air.

"Kendaraan listrik yang kami luncurkan hari ini adalah kendaraan listrik berbasis baterai terbaru yang dikembangkan Wuling untuk dunia. Dan Indonesia menjadi tempat peluncuran perdana," ujar Shi Guoyong

Selain itu pabrikan otomotif asal China tersebut menegaskan bila teknologi yang dibawa ke Indonesia diharapkan mampu memberikan dampak positif termasuk penghematan energi global, serta pengurangan emisi.

"Kami telah membawa teknologi terbaru ke Indonesia dan demi dapat menyesuaikan strategi dan penerapan penghematan energi global, serta pengurangan emisi. Dan pastinya juga mendorong perubahan besar di seluruh rantai industri otomotif Indonesia mulai dari penelitian dan pengembangan produk, manufaktur, komponen-komponen penting, konsumen dan sebagainya," tuturnya.

Apresiasi hadirnya kendaraan listrik terbaru juga diberikan Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 

"Saya mengucapkan terima kasih karena ini peluncuran perdana. Artinya belum pernah diluncurkan di tempat lain. Dan karena produksi dilakukan di sini, maka juga akan digunakan di dalam conference G20 dan kendaraan ini akan diadakan 300 unit," ujar Airlangga. 

Photo : Wuling

Walau memiliki harga cukup menarik, Wuling menegaskan bahwa pihaknya tetap memberi beragam keunggulan untuk menarik minat pelanggan. Salah satunya adalah baterai yang mampu menempuh perjalanan hingga 300 km.

Mobil juga telah dilengkapi oleh beberapa keunggulan lain seperti Internet of Vehicle (IoV). Fitur tersebut sebelumnya sudah disematkan pada beberapa model seperti Wuling Almaz serta Cortez.

Berkat adanya IoV maka Air ev bisa lebih terhubung dengan pemilik melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone. Melalui aplikasi maka pengguna bisa mengakses beberapa fitur dan mengendalikannya dari jarak jauh.

Fitur yang bisa digunakan meliputi mengunci dan membuka kunci pintu mobil, membuka serta menutup kaca jendela hingga mendinginkan kabin melalui AC.

Artikel Terkait