Ciri Wiper Rusak yang Harus Dikenali Pemilik Mobil

Ciri wiper rusak sebenarnya mudah dikenali sehingga bisa segera diperbaiki untuk menghindari kerugian lebih besar

Ciri Wiper Rusak yang Harus Dikenali Pemilik Mobil
Photo: TrenOto

TRENOTO – Meski jarang digunakan, wiper memiliki peran sangat penting khususnya saat musim hujan. Komponen tersebut selalu menjadi andalan untuk menyeka air dari kaca mobil.

Sayangnya, karena jarang digunakan maka tidak sedikit dari pemilik kendaraan lupa untuk melakukan perawatan. Akibatnya saat hujan tiba, air yang berhasil dibersihkan tidak optimal dan jarak pandang terganggu.

“Salah satu komponen penting di musim hujan namun kerap terlupakan adalah wiper. Begitu komponennya bermasalah, pengemudi tidak dapat berkendara dengan nyaman serta berisiko membuat kaca mobil baret,” ungkap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000

Photo : TrenOto

Kondisi tersebut tentunya kurang baik dan dalam kondisi ekstrem dapat menimbulkan kecelakaan. Ia pun menyarankan pemilik kendaraan harus mengetahui ciri wiper rusak sehingga bisa segera diperbaiki.

Ciri Wiper Rusak

  • Tidak Optimal Menyeka Air

Wiper yang baik dapat menyeka air dengan optimal meski hujan deras. Sebaliknya, bila kondisinya sudah mulai rusak maka kaca akan lebih sulit dibersihkan sehingga jarak pandang terganggu.

Kerusakan umumnya terjadi karena pegas pada bilah pemegang karet wiper telah melemah. Akibatnya komponen tersebut gagal mengikuti kontur kaca saat bekerja dan meninggalkan jejak air.

  • Suara Berisik Saat Beroperasi

Wiper dengan kondisi bagus ditandai oleh lenturnya karet serta tidak keras. Seiring waktu dan pemakaian, kualitas akan menurun dan menjadi kaku kemudian kehilangan fleksibilitas.

Biasanya karet yang sudah mengeras akan menimbulkan bunyi berisik saat bergesekan dengan kaca mobil.

Baca juga : Tips Merawat Wiper Mobil ala Rifat Sungkar

  • Garis Air di Kaca Mobil

Karet yang sudah tidak lentur dapat menyebabkan munculnya garis-garis air pada kaca. Meski terkesan sederhana, tetapi garis air tersebut dapat mengakibatkan baret dan menghalangi pandangan keluar.

Jika didiamkan, baret akan semakin parah hingga membuat kaca mobil rusak. 

  • Gerakan Tidak Lancar

Photo : otospector

Jika karet dalam kondisi masih bagus gerakannya akan terasa lancar tapi bila sudah keras maka akan tersendat-sendat. Jika dibiarkan, bilah bisa patah akibat terlalu sulit bergerak.

Bila sudah melihat ciri-ciri tersebut, tidak ada salahnya untuk melakukan perbaikan seperti mengganti wiper. Auto2000 pun siap untuk melakukan perbaikan sesuai rekomendasi pabrikan, sehingga kinerjanya maksimal.

Artikel Terkait