Daftar Mobil Calon Penerima Diskon PPnBM 2022

Pemerintah resmi memperpanjang diskon PPnBM 2022 untuk sejumlah model, berikut model yang berpotensi mendapatkannya

Daftar Mobil Calon Penerima Diskon PPnBM 2022
Photo: Toyota Astra Motor

TRENOTO – Diskon PPnBM 2022 (Pajak Penjualan Barang Mewah) untuk kendaraan bermotor resmi diperpanjang pemerintah. Melalui Kementerian Keuangan, sejumlah aturan terkait syarat dan jenis kendaraan resmi ditetapkan.

"Dengan berlanjutnya insentif PPnBM DTP, kinerja sektor otomotif yang strategis bagi perekonomian diharapkan terus menguat dan mampu kembali mencapai tingkat penjualan dan produksi pada level sebelum pandemi atau bahkan lebih baik di tahun 2022," kata Febrio Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. 

Keputusan ini tertuang dalam PMK Nomor 5/PMK.010/2022 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022. 

Mengalami beberapa revisi, PMK berisi peraturan baru terkait insentif dan telah disesuaikan dengan kondisi pemulihan sektor otomotif ke depan.

Model yang Berpotensi Mendapatkan Diskon

Diskon PPnBM kendaraan bermotor diberikan pada dua segmen. Pertama, kendaraan dengan harga tertinggi Rp200 juta atau mobil Low Cost Green Car (LCGC).  

Mayoritas LCGC merupakan kendaraan dengan tingkat local purchase relatif lebih tinggi dibandingkan mobil lainnya. Desain insentif PPnBM DTP yang memprioritaskan LCGC berada dalam kerangka PP 74/2021.

Artikel Terkait