Daftar Mobil Paling Aman di Asia Tenggara

Ulang tahun ke 10, ASEAN NCAP memberikan penghargaan kepada produsen mobil paling aman di Asia Tenggara

Daftar Mobil Paling Aman di Asia Tenggara
Photo: ASEAN NCAP

TRENOTO – Program Penilaian Mobil Baru untuk Negara Asia Tenggara (ASEAN NCAP) merayakan ulang tahunnya ke 10. Organisasi ini baru saja merilis daftar mobil paling aman di Asia Tenggara.

Selama 10 tahun, ASEAN NCAP telah mengembangkan tiga roadmap yaitu 2012-2016, 2017-2020 dan 2021-2025. Berdasarkan skema terbaru 2021-2025, terdapat empat domain penilaian yang terdiri dari perlindungan penumpang dewasa, perlindungan penumpang anak, bantuan keselamatan, dan keselamatan pengendara sepeda motor.

Selain itu, roadmap 2021-2025 menjadi tonggak penting bagi ASEAN NCAP karena mengembangkan pilar penilaian yang mencakup kepastikan kendaraan terhindar dari tabrakan dengan pengguna jalan, khususnya sepeda motor.

ASEAN NCAP merupakan program penilaian mobil baru kesembilan di dunia yang memberikan rating independen terhadap kinerja keselamatan mobil baru. Tujuan utamanya mempromosikan dan meningkatkan standar keselamatan kendaraan dan sistem penilaian di kawasan ASEAN.

Awalnya, penilaian keselamatan dimulai dengan fase uji di mana penilaian diberikan untuk delapan model. Dana terkait pengujian didapatkan dari Global NCAP.

Artikel Terkait