Daftar Penerima Diskon PPnBM 2022, Ada Avanza dan Xpander

Kementerian Perindustrian resmi merilis sejumlah model mobil yang berhak mendapatkan diskon PPnBM 2022

Daftar Penerima Diskon PPnBM 2022, Ada Avanza dan Xpander
Photo: MMKSI

TRENOTO – Setelah diskon PPnBM 2022 (Pajak Penjualan Barang Mewah) resmi diumumkan, Kementerian Perindustrian akhirnya merilis daftar mobil yang berhak mendapatkan insentif ini.

Selain mobil LCGC, beberapa kendaraan Low MPV juga berhak mendapat diskon PPnBM, hanya saja calon konsumen perlu memperhatikan varian dan harga jual kendaraan.

Sebagai contoh, tiga tipe terendah Toyota Avanza berhak mendapatkan insentif PPnBM, begitu juga dengan satu tipe terendah Mitsubishi Xpander.

Terbagi dua segmen, skema pemberikan insentif PPnBM di 2022 yang pertama diberikan kepada kendaraan dengan harga tertinggi Rp200 juta atau mobil Low Cost Green Car (LCGC). 

Periode insentif untuk LCGC diberikan pada kuartal pertama, kedua, dan ketiga di 2022. Insentif diberikan dalam bentuk potongan PPnBM sebesar 100 persen, 66,66 persen dan 33,33 persen sehingga konsumen tak harus membayar pada kuartal pertama.

Untuk kuartal kedua beban yang diberikan hanya sebesar 1 persen dan kuartal ketiga 2 persen.

Jenis mobil selanjutnya ialah kendaraan yang memiliki kapasitas mesin sampai 1.500 cc dan harga Rp200 hingga Rp250 juta.

Diskon PPnBM diberikan sebesar 50 persen pada kuartal pertama, sehingga konsumen membayar tarif PPnBM sebesar 7,5 persen. Pemberian insentif untuk segmen kedua juga diberikan untuk mobil dengan pembelian lokal (local purchase) di atas 80 persen.

Artikel Terkait