Daihatsu GranMax Pakai Mesin Baru Harganya Mulai Rp150 Juta

Diluncurkan hari ini (30/08), Daihatsu GranMax pakai mesin baru yang lebih bertenaga namun tetap efisien

Daihatsu GranMax Pakai Mesin Baru Harganya Mulai Rp150 Juta
Photo: Istimewa

TRENOTO – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penyegaran pada salah satu unit terlarisnya di Indonesia yakni GranMax. Ubahan paling terasa pada Daihatsu GranMax pakai mesin baru yang lebih bertenaga namun lebih efisien.

GranMax merupakan tulang punggung Daihatsu di segmen kendaraan niaga. Oleh karena itu ubahan yang dilakukan lebih menyasar kebutuhan para penggunanya selama ini.

Sekadar informasi, penjualan GranMax pikap dari Januari hingga Juli 2022 telah mencapai 24.839 unit. Model tersebut menjadi produk kedua terlaris setelah Sigra yang selalu mendominasi.

Photo : TrenOto

Diluncurkan hari ini (30/08), GranMax disematkan mesin baru lebih bertenaga. Khusus varian mesin 1.5L pabrikan mobil asal Jepang tersebut menyematkan jantung mekanis 2NR-VE VVT-I.

Sumber daya kendaraan tersebut sebelumnya telah digunakan pada Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Mesin ini terkenal memiliki daya lebih besar namun tetap efisien.

Dibandingkan mesin 1.5L sebelumnya, ADM mengklaim terdapat peningkatan tenaga sebesar 2 hp menjadi 97 hp pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya dikatakan mencapai 134 Nm pada 4.400 rpm.

Menariknya meskipun tenaganya mengalami peningkatan, namun terdapat pengurangan konsumsi bahan bakar. Disebutkan melalui pengetesan secara internal terdapat efisiensi sebesar 5 persen.

Baca juga : New Daihatsu Sigra Mengaspal, Harganya Mulai dari Rp129.5 juta

Sayangnya mereka tidak menyebutkan secara detail pengurangan tersebut. Adapun konsumsi bahan bakar kendaraan bergantung pada cara mengemudi.

Pada bagian eksterior tidak terlihat perbedaan nan mencolok pada GranMax terbaru. Hanya desain pelek 14 inci baru dan ground clearance yang kini bertambah 15 mm.

Lalu pada bagian dalam kendaraan kini terdapat beberapa tempat penyimpanan meliputi cup holder dan beberapa storage. Pengembangan tersebut dikatakan menambah fungsionalitas mobil dan memenuhi kebutuhan para pengguna.

Photo : ADM

“Ubahan ini sesuai dengan permintaan para pengendara. Kami menambahkan mesin yang lebih bertenaga namun tetap efisien dan banyak tempat penyimpanan,” ucap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Kemudian penyempurnaan kendaraan juga dilakukan pada penggunaan EPS (Electric Power Steering). Fitur tersebut membuat pengendara lebih nyaman dalam bermanuver khususnya parkir di tempat sempit sekalipun.

Daihatsu GranMax terbaru dipasarkan dengan harga mulai dari Rp150.5 hingga Rp213.8 juta OTR DKI Jakarta.

Artikel Terkait