Daihatsu Jadi Pabrikan Mobil Terlaris Kedua di Indonesia 2021

Daihatsu berhasil mempertahankan gelar pabrikan mobil terlaris kedua di Indonesia untuk ke-13 kalinya sejak 2009

Daihatsu Jadi Pabrikan Mobil Terlaris Kedua di Indonesia 2021

TRENOTO – Daihatsu jadi pabrikan mobil terlaris kedua di Indonesia untuk yang ke 13 kalinya berturut-turut. Capaian ini tentunya merupakan hasil positif mengingat persaingan otomotif di Tanah Air cukup ketat dengan semakin agresifnya kompetitor dalam meluncurkan beragam produk baru.

Tak hanya itu, tantangan di 2021 juga semakin berat dengan adanya gelombang kedia pandemi Covid-19. Akibatnya, penjualan mobil di pertengahan tahun pun kembali mengalami penurunan setelah sebelumnya sempat merangkak naik.

Namun berkat adanya program PPnBM DTP 100 persen, penjualan mobil serta industri otomotif secara umum berhasil bertahan dan bahkan mengalami peningkatan. Program ini dilakukan sejak Maret hingga Desember 2021 memang sejatinya bertujuan untuk membantu pemulihan industri otomotif Indonesia.

Photo : Trenoto

Daihatsu adalah salah satu pabrikan yang merasakan dampak positif dari program tersebut. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan berhasil menjual sedikitnya 151.107 unit dengan market share sebesar 17.5 persen dari total penjualan mobil di Indonesia.

Hasil tersebut naik 51.1 persen dibandingkan tahun 2020 yang hanya mencapai 100 ribu unit. Tak hanya itu, Daihatsu juga meluncurkan beberapa mobil baru seperti Rocky, Terios Eco Idle juga Xenia yang semuanya telah masuk dalam program PPnBM DTP.

Menariknya lagi, selama tahun 2021 terdapat 10 model mobil penumpang paling laris di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 5 di antaranya merupakan hasil produksi ADM (PT Astra Daihatsu Motor), seperti Avanza, Rush dan Calya untuk brand Toyota serta Sigra juga Ayla bagi brand Daihatsu.

Photo : PT Astra Daihatsu Motor

Sementara itu, Gran Max Pick Up berhasil menjadi model Daihatsu yang paling diminati sepanjang 2021. Mobil ini terjual sedikitnya 39.000 unit, sedikit lebih besar ketimbang Sigra di posisi kedua dan Ayla di peringkat ketiga dengan perolehan 20.800 unit.

“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan peringkat 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 13 tahun berturut-turut. Semoga capaian positif ini dapat terus berlangsung serta pasar otomotif nasional tahun 2022 dapat terus bergairah,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).


Terkini

mobil
Chery Omoda E5

Pemesanan Chery Omoda E5 Tembus 1.000 SPK

Pemesanan Chery Omoda E5 tembus 1.000 SPK dan produksi saat ini sudah mulai normal setelah libur Lebaran

news
SIM keliling Bandung hari ini

2 Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini 26 April 2024

Sebelum akhir pekan manfaatkan fasilitas SIM keliling Bandung hari ini, tidak ada dispensasi keterlambatan

news
Ganjil genap Jakarta

Ganjil genap Jakarta 26 April 2024, Tetap Ketat di Akhir Pekan

Aturan ganjil genap Jakarta pada 26 April 2024 tetap ketat meski masyarakaat mulai bersiap libur akhir pekan

news
Jadwal SIM Keliling Jakarta Sebelum Akhir Pekan, Ada di 5 Lokasi

Jadwal SIM Keliling Jakarta Sebelum Akhir Pekan, Ada di 5 Lokasi

Meski sudah mau akhir pekan, SIM Keliling Jakarta tetap melayani masyarakat Ibu Kota dari lima tempat berbeda

mobil
Fasilitas untuk kendaraan listrik

Chery Tidak Paksa Diler Siapkan Fasilitas untuk Kendaraan Listrik

Chery tidak paksa diler siapkan fasilitas untuk kendaraan listrik karena pasarnya belum terlalu besar

news
Penjualan Mobil Listrik Global Diproyeksi 17 Juta Unit di 2024

Penjualan Mobil Listrik Global Diproyeksi 17 Juta Unit di 2024

Meski terjadi perlambatan, IEA prediksi penjualan mobil listrik global bisa tembus 17 juta unit tahun ini

mobil
Chery pertahankan harga jual kembali

Begini Cara Chery Pertahankan Harga Jual Kembali Kendaraannya

Chery pertahankan harga jual kembali kendaraannya dengan beragam cara agar masyarakat tidak merasa rugi

mobil
Chery buka diler

Chery Buka Diler Pertamanya di Karawang

Chery buka diler pertamanya di Karawang dengan fasilitas 3S agar pelanggan mudah membeli dan merawat mobil