Daihatsu Santai Hadapi Melemahnya Nilai Tukar Rupiah
18 April 2024, 20:00 WIB
Berkat relaksasi PPnBM DTP, Daihatsu Rocky laris manis di Jakarta Auto Week 2022 hingga menjadi tulang punggung penjualan
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Pameran otomotif Jakarta Auto Week 2022 menjadi kesempatan untuk para produsen mobil meningkatkan penjualan di awal tahun. Terlebih, beberapa jenis kendaraa mendapatkan program relaksasi PPnBM DTP.
Salah satu yang memanfaatkan penyelenggaraan JAW 2022 adalah Daihatsu. Dalam pameran pada 12 – 20 Maret di JCC Senayan ini, Daihatsu menampilkan seluruh model andalannya dari berbagai segmen.
Langkah tersebut pun ternyata terbilang efektif karena berhasil membawa Daihatsu menjual sedikitnya 161 unit kendaraan. Daihatsu Rocky pun tercatat menjadi model paling diminati masyarakat selama pameran.
Berdasarkan data, Daihatsu Rocky laris manis hingga menguasai 42 persen penjualan Daihatsu selama penyelenggaraan JAW 2022. Kemudian di peringkat kedua diisi oleh Xenia dengan 22 persen, Terios 17 persen, Sigra 14 persen dan Ayla 14 persen.
“Kami bersyukur, keikutsertaan Daihatsu pada acara Jakarta Auto Week 2022 mencatatkan penjualan yang baik. Semoga pameran ini dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memiliki mobil baru Daihatsu,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Daihatsu merupakan salah satu pabrikan yang model-modelnya mendapatkan relaksasi PPnBM DTP di Indonesia. Jumlahnya pun terbilang banyak, sedikitnya ada 5 model dengan 51 varian berhasil masuk ke dalam program.
Untuk jenis kendaraan KBH2 atau LCGC terdapat Ayla (12 varian) dan Sigra (10 varian). Sementara Jenis kendaraan terdapat non KBH2 atau non LCGC Daihatsu yaitu Xenia (15 varian), Rocky (10 varian) serta Terios (4 varian).
Dengan banyaknya pilihan kendaraan tersebut tidak mengherankan bila Daihatsu optimis dapat mempertahankan posisi nomor 2 penjualan terbesar di Indonesia. Terlebih dalam 2 bulan terakhir, penjualan Daihatsu terbilang cukup positif.
Sepanjang Januari hingga Februari 2022, penjualan Daihatsu meningkat hingga mencatatkan angka 30.628 unit kendaraan. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 70.7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu karena hanya meraih penjualan sebesar 17.942 unit.
Raihan ini menunjukkan bahwa industri otomotif di Tanah Air mulai menunjukkan perbaikan setelah terpukul akibat Covid-19. Tentunya, perbaikan diharapkan bisa terus berlangsung khususnya dengan adanya beragam pameran otomotif di Indonesia.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
18 April 2024, 20:00 WIB
12 April 2024, 14:00 WIB
05 April 2024, 17:07 WIB
24 Maret 2024, 13:00 WIB
18 Maret 2024, 15:40 WIB
Terkini
25 April 2024, 11:00 WIB
Kementerian ESDM membuka program konversi motor listrik gratis guna menarik minat masyarakat Indonesia
25 April 2024, 08:00 WIB
Merupakan komponen penting untuk membantu pengemudi saat berkendara, ini 4 tips merawat lampu mobil yang mudah
25 April 2024, 08:00 WIB
Menurut hasil uji tabrak mobil listrik eC3, model tersebut mengantongi peringkat nol dari Global NCAP
25 April 2024, 07:00 WIB
Penjualan Honda Maret 2024 naik dan menorehkan angka penjualan tertinggi di kuartal pertama sebesar 10.706 unit
25 April 2024, 06:20 WIB
Ada dua lokasi SIM keliling Bandung beroperasi setiap hari, selalu berpindah jadi pastikan tidak salah
25 April 2024, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 25 April 2024 tetap dilaksanakan secara ketat meski tersedia beberapa jalur alternatif
25 April 2024, 05:30 WIB
Berikut lokasi SIM Keliling Jakarta yang beroperasi hari ini dihadirkan Polda Metro Jaya dari lima tempat
24 April 2024, 20:57 WIB
Meski penjualan mobil hybrid positif di Indonesia, Citroen lebih memilih memasarkan mesin bensin dan listrik