Daihatsu Xenia Lawas Laris Manis di November 2021

Daihatsu Xenia lawas terjual lebih dari 1.000 unit, mengalahkan generasi baru yang diluncurkan di GIIAS 2021

Daihatsu Xenia Lawas Laris Manis di November 2021
Photo: Daihatsu
  • Oleh Adi Hidayat

  • Jum'at, 17 Desember 2021 | 07:02 WIB

TRENOTO – Penjualan all-new Daihatsu Xenia rupanya masih belum bisa mencapai perfoma maksimal di bulan November 2021. Hal ini terlihat dari masih mendominasinya penjualan Xenia lawas bila dibandingkan model baru.

Pada November 2021, total penjualan retail (dealer ke pembeli) Low MPV ini mencapai 1.555 unit meningkat jauh bila dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 741 unit. Dari jumlah tersebut, Daihatsu Xenia lawas menyumbang 70 persen penjualan atau setara 1.087 unit, sementara model baru hanya terjual 468 unit atau 30 persen.

Banyaknya jumlah penjualan Daihatsu Xenia lama setelah model barunya hadir dinilai wajar oleh Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). Menurutnya, kehadiran model baru membuat beberapa dealer memberikan diskon cukup besar (untuk model lawas)

“Ini adalah normal ketika mobil baru hadir, versi lamanya justru banyak dicari. Salah satu alasan adalah biasanya dealer memberikan promo menarik untuk pelanggan. Kemarin, kepala cabang justru banyak yang minta untuk dikirimkan suplay lagi karena masih ada program relaksasi PPnBM dan diskonnya pun besar,” ungkapnya.

Meski demikian Ia menegaskan bahwa pihaknya belum menghentikan produksi Daihatsu Xenia lama. Hal ini karena permintaan akan mobil RWD masih besar sehingga tetap harus disediakan pilihan model lama.

Penyebab Penjualan Daihatsu Xenia Baru Masih Kecil

Photo : Daihatsu

Tak hanya itu, Ia juga menjelaskan penyebab dari kecilnya penjualan Daihastu Xenia generasi baru. Salah satunya adalah karena penyebaran unit yang masih belum merata sehingga penjualan tak bisa bisa maksimal.

“Peluncuran baru dilakukan pada 11 November di GIIAS 2021. Kami masih harus melakukan distribusi kendaraan tersebut dan baru selesai pada akhir November. Jadi wajar bila memang masih belum maksimal,” ungkapnya.

Dari 468 unit, yang paling laris adalah tipe 1.3 R manual dan CVT. Secara total, kedua tipe itu menyumbang 58 persen penjualan Xenia baru. Sementara itu untuk varian terlaris ketiga adalah 1.5 R CVT atau 13 persen.

Sementara untuk komposisi mesin berkapasitas 1.300 cc menjadi favorit pelanggan dengan menguasai 75 persen. Jauh lebih tinggi bila dibandingkan mesin berkapasitas 1.500 cc yang hanya meraih 25 persen dari total penjualan Daihatsu Xenia.

Artikel Terkait