Daihatsu Xenia Penggerak Roda Belakang Masih Dijual, Ini Harganya

Meski meluncurkan model baru, Daihatsu xenia dengan penggerak roda belakang masih dijual hingga saat ini

Daihatsu Xenia Penggerak Roda Belakang Masih Dijual, Ini Harganya
Photo: Daihatsu

TRENOTO – Meski terdapat model baru, Daihatsu Xenia penggerak roda belakang atau RWD ternyata masih dijual sampai sekarang. Hal ini dilakukan karena konsumen yang menginginkan model lawas masih cukup banyak.

“Pada masa pergantian model, biasanya orang justru cari model lama karena diskonnya besar. Konsumen model ini hanya melihat harganya sangat terjangkau tidak penting model baru,” jelas Hendrayadi Lastiyoso, Merketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation beberapa waktu lalu.

Hanya tersedia satu tipe, Daihatsu Xenia penggerak roda belakang yang masih dijual saat ialah 1.3 X M/T. Model ini dipilih karena dinilai cocok menjadi kendaraan fleet dan mampu mendukung kegiatan harian apabila digunakan sebagai kendaraan pribadi.

“Xenia lama ini tidak stop produksi, kita akan tetap jualan yang lama khususnya X 1.3 MT. Karena ada demand-nya, kita akan tetap produksi sampai tidak ada permintaan,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM.

Photo : Daihatsu Xenia

 

Dari sisi spesifikasi, mobil pabrikan Jepang ini menggunakan pelek alloy 14 inci dan lampu LED. Terdapat juga layar sentuh 2-DIN pada bagian dalam mobil. Menambah kenyamanan, tersedia AC digital, power outlet baris depan dan kedua.

Untuk fitur keselamatan, Daihatsu menyematkan dual SRS airbags, pengingat safety belt bagi pengemudi serta safety belt dengan pretensioner. Tak lupa dihadirkan pula force limiter, Anti-locking Brake System (ABS), side impact beam, sensor parkir belakang, power window jam protection, child safety lock dan pengunci pintu otomatis dengan sensor kecepatan.

Dari sisi jantung pacu, terdapat mesin 4-silinder berkapasitas 1.329 cc DOHC Dual VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga hingga 95.6 Hp di 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm.

Meski pabrikan memastikan masih menjual 1.3 X M/T lawas, website resmi Daihatsu nyatanya tak mencantumkan model ini. Dari data yang didapatkan pada Agustus 2021, harga tipe ini dibanderol Rp184,5 juta on the road DKI Jakarta.

Harga tersebut sudah termasuk relaksasi PPnBM 100 persen yang diberikan pemerintah hingga akhir tahun ini.

“Model lamanya saat ini demand-nya masih cukup tinggi, sekitar 1.087 unit. Orang yang mencari model lama lebih melihat pada fungsional,” tutur Hendrayadi.

Artikel Terkait