TRENOTO – Menjelang penerapan Euro4 di awal 2022, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) melakukan pengujian mesin di jalan tol Trans Jawa. Pengujian tersebut dilakukan dengan menggunakan bus R260 dan RN 285 yang telah dilengkapi Monitoring Graphtec Digital Logger untuk memantau kecepatan bus, putaran mesin, temperature dan konsumsi bahan bakar.
Aturan Euro4 yang akan diterapkan Pemerintah awal tahun depan memang sangat berdampak pada produsen kendaraan komersial. Pasalnya mereka harus memastikan bahwa kendaraan yang mereka buat sudah memenuhi regulasi namun perfoma tidak menurun.
Untuk itu, HMSI pun melakukan beberapa pengembangan terhadap kendaraannya. Salah satunya adalah menyematkan teknologi commonrail yang menjadi komponen utama untuk menjawab kebutuhan tersebut. Tak hanya itu, HMSI juga mengembangkan mesin yang memiliki kapasitas oli lebih kecil sehingga operasional kendaraan bisa lebih terjaga.
Namun itu semua tidak bisa dibuktikan hanya dengan menggunakan hasil penelitian. HMSI harus memperlihatkan secara langsung bahwa kendaraannya memang mampu menjawab segala kebutuhan melalui road test Jakarta-Surabaya.
“Saat road test, kita telah memasang beragaam perangkat sensor untuk melihat oli mesin, sistem pendinginan dan sebagainya. Hal ini untuk memastikan bahwa mesin tidak mengalami overheat,” ungkap Santiko Wardoyo, COO Director HMSI.
Bahkan dari hasil pengujian tersebut, temperature oli mesin hanya mencapai 87 derajat celcisus. Hasil tersebut jauh lebih rendah dari titik didih tertinggi yang bisa diterima mesin yaitu mencapai 230 derajat celcius.
Tak hanya itu, HMSI juga meluncurkan pelumas khusus untuk bus jarak jauh yang diberi nama Hino Genuine Oil (HGO). Pelumas ini sudah diracik sedemikian rupa untuk membuat suhu mesin tetap terjaga sehingga kerusakan mesin bisa dihindari dengan baik.
Sedikitnya ada 9 komponen aditif di HGO yang disematkan untuk memastikan pelumasan dapat bekerja maksinal. Mulai dari friction modifier, Oiliness agent, anti wear, anti corrosion, anti-oxidant detergents & dispersants Viscosity index improver antifoaming agents dan pour point depressant.
Masing-masing komponen sudah dihitung sedemikian rupa agar bisa menghasilkan kinerja terbaik untuk mesin.
Terlihat diparkir tanpa kamuflase di area Korea Selatan, Hyundai Staria hybrid sudah mulai tes jalan
Subsidi memberikan dampak positif bagi penjualan mobil listrik Hyundai di Indonesia hingga 100 persen
Ketersediaan SPKLU jadi kendala, namun Wuling sebut 80 persen pemilik mobil listrik mengecas di rumah
Meski ada hambatan dan juga kendala adopsi, Wuling melihat pasar mobil listrik di Indonesia potensial
Toyota raih penghargaan Katadata Green Initiative Award karena memiliki inisiatif kualitas lingkungan
Guna menurunkan angka polusi udara yang saat ini masih tinggi, mobil konvensional dilarang beroperasi di IKN
Meski pasarnya sudah mulai ramai IESR sebut adopsi mobil listrik di Indonesia masih menghadapi kendala
Piaggio Indonesia resmi membawa produk anyar, yakni Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale ke Tanah Air
Ganjil genap Puncak digelar untuk menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H agar lalu lintas lancar
Bermitra dengan perusahaan Tanah Air, Neta siap rakit puluhan ribu EV di Indonesia mulai tahun depan