Desain Mobil yang Dianggap Abadi, Bisa Diterima dari Masa ke Masa

Desain mobil-mobil berikut ini tidak pernah basi alias abadi, selalu bisa diterima dari jaman ke jaman

Desain Mobil yang Dianggap Abadi, Bisa Diterima dari Masa ke Masa
Photo: katadata

TRENOTO – Mobil-mobil legendaris ini desainnya dianggap abadi, jadi ada masa, ada desainnya. Keempatnya dianggap oleh banyak car enthusiast segar immortal car, alias tak pernah habis atau basi karena lekang di makan usia.

Bicara masalah desain tentu terkait erat dengan urusan seni dan masuk di wilayah subyektifitas yang kental. Anda suka, belum tentu yang lainnya setuju, Anda memuja bisa jadi orang di sekitar justru malah mencelanya.

Termasuk desain mobil. Menurut catatan TrenOto, setidaknya ada 4 mobil yang punya desain abadi. Artinya, secara visual, tarikan garis dari seluruh desainnya seakan punya kekuatan yang melekat erat dan mampu menundukkan pikiran car enthusiast secara turun temurun. Jadi bisa saja mobil sang kakek masih disimpan dan digunakan oleh cucunya sekarang.

Mini

Photo : Istimewa

Kita mulai dari mobil terkecil yakni Mini yang pertama diluncurkan pada 1959. Ide awalnya datang dari seorang desainer British Motor Corporation (BMC) yang ingin menciptakan mobil dengan bentuk unik, menyenangkan untuk dikendarai serta punya harga terjangkau. 

Dasar dari pemikiran tersebut karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Inggris saat itu, tak lama setelah Perang Dunia II berakhir.

Mini yang imut-imut tersebut langsung diserbu para peminatnya dan ternyata di sukai banyak kalangan. Mobil yang menjadi fenomena budaya ini digemari oleh kalangan jetset mulai dari Enzo Ferrari, Steve McQueen hingga musikus ternama Mick Jager juga George Harrison.

Kemudian terjadi evolusi besar-besaran pada Mini, ditandai pada era 2000an saat BMW mengambil kendali perusahaan. Mini kini jadi bengkak, kesan imut-imut lenyap meski sepintas lalu ada samar-samat aura desain generasi terdahulu.

Porsche 911

Photo : Istimewa

Porsche 911 sudah berumur 58 tahun dan jujur saja masih tetap awet muda, tidak pernah ada perubahan yang signifikan. Ciri kap mesin melandai plus headlamp bulat plus lengkungan di beberapa titik yang terlihat anggun terus dipertahankan. 

Cucu Ferdinand Porsche bernama Ferdinand Alexander Porsche menjadi desainer pertama Porsche 911. Ia pernah mengeluarkan quote yang terus dikenang “Design is not simply art, it is elegance of function.”.

Saat ini, Porsche 911 identik dengan sportscar bertenaga besar, simbol kemampanan terutama bagi car enthusiast yang gemar olahraga balap.

Land Rover Series

Photo : Istimewa

Jagoan Inggris lainnya Land Rover Series juga dipercaya memiliki desain abadi. Jujur saja, mobil yang pertama kali muncul tahun 1948 pasca perang dunia II atau dikenal sebagai Land Rover Series I punya desain yang sangat sederhana. 

Bentuknya sangat boxy alias kotak, hal ini didasari oleh rencana awal yang akan digunakan untuk menggerakkan alat-alat pertanian seperti traktor.

Desain ini tetap dipertahankan saat mulai merambah ke wilayah kendaraan penumpang dimulai pada Land Rover Series II. Bahkan masih juga sama ketika Defender edisi 70 tahun yang diluncurkan pada 2018.

Jeep Wrangler

Jeep Wrangler punya leluhur yang akrab dipanggil Willys (1941-1945), secara usia lebih tua dari Land Rover Series dan memang diciptakan sebagai alat perang pada Perang Dunia II. Hingga pada 1986, Wrangler diluncurkan secara resmi dan punya takdir sebagai penurus dari CJ (Civilian Jeep). 

Wrangler sendiri punya banyak sekali ciri-ciri serupa Willys. Mulai dari body boxi, grille besar, lengkungan kap mesin membulat, pintu sederhana hingga kaca depan tegak.

Artikel Terkait