Dongfeng Bikin Mobil Listrik Mungil Jiplak Merek Sebelah

Dongfeng FenGuang Mini EV hadir pada kuartal pertama 2022 dan mirip dengan merek China tetangga yakni Hongguang

Dongfeng Bikin Mobil Listrik Mungil Jiplak Merek Sebelah
Photo: carscoops

TRENOTO – Dongfeng mengenalkan produk terbarunya di awal 2022 yakni FenGuang Mini EV. Tradisi menjiplak sudah bukan hal yang aneh di China, oleh karena itu FenGuang dikatakan merupakan hasil menjiplak dari HongGuang Mini EV.

Mobil listrik berdimensi mungil dikatakan tengah naik daun di negeri Tiongkok. Tidak heran hal ini dianggap sebagai potensi besar bagi produsen.

Namun untuk mengembangkan sebuah mobil dari nol, membutuhkan upaya dan biaya cukup besar. Terlebih jika berbicara mengenai teknologi yang digunakan.

Atas dasar itulah pada umumnya upaya meniru hadir. Karena jika diperhatikan sekilas desain HongGuang maupun FenGuang terlihat sama saja hanya dibedakan melalui beberapa tarikan garis siluet dan permainan bemper maupun grille.

Bahkan nama yang digunakan juga bisa dibilang mirip. Dilansir Carscoops, kedua mobil juga memiliki kemiripan dari spesifikasi serupa

Dari segi desain, baik HongGuang maupun FenGuang hanya berbeda dari guratan siluet yang membentang pada bodi. Bentuk grille dari kendaraan juga mendapat sentuhan minimalis sebagai pembeda.

Pada bagian belakang, pembedanya dapat dikenali melalui sektor penerangan dengan mendapat sentuhan black trim. Lalu adapula bagian lain dari kendaraan yang diberikan sedikit sentuhan untuk bisa terlihat berbeda.

Photo : carscoops

Sedangkan untuk motor penggeraknya, terdapat motor listrik yang dipercaya mampu menghasilkan daya sebesar 34 hp. Output kendaraan dianggap sudah cukup mengingat bodi kendaraan cukup kecil.

FenGuang Mini EV juga dikatakan memiliki versi tenaga yang lebih kecil yakni 27 hp. Namun dari keduanya belum diketahui berapa jarak tempuh kedua model baterai tersebut.

Pada HongGuang sempat disebutkan bahwa unitnya bisa menempuh 100 kilometer lebih dalam satu kali pengecasan hingga penuh. Namun catatan tersebut untuk di negara asalnya, bukan di Indonesia.

Donfeng FenGuang Mini EV dikatakan akan memulai debutnya pada kuartal pertama 2022. Untuk memancing para pelanggan, tentunya harga yang ditawarkan lebih murah seperti produk asal China lainnya.

Mobil listrik mungil tersebut dikatakan akan dipasarkan dengan harga kisaran  5.000 dolar AS atau sekitar Rp71 jutaan. Belum ada kepastian apakah produk ini akan dipasarkan di Tanah Air atau tidak.

Artikel Terkait