Dry Box Truk Berbahan Honeycomb Masuk Indonesia

Dry box truk dengan material honeycomb punya beberapa keunggulan yang mampu meningkatkan efisiensi operasional angkutan barang

Dry Box Truk Berbahan Honeycomb Masuk Indonesia
Photo: TernOto

TRENOTO – Box truk berbahan material honeycomb mulai dipasarkan di Indonesia oleh PT SSB Sammitr Distribution (SSD) yang merupakan perusahaan karoseri joint venture antara PT Sanggar Sarana Baja Indonesia dengan SAMMITR Thailand.

Penggunaan material honeycomb sendiri diklaim memiliki beberapa keuntungan. Mulai dari boks pada bak truk berbobot lebih ringan, kuat, tahan panas, tahan karat dan juga mampu mereduksi efek panas terhadap muatan barang yang diangkut. Bisa diaplikasikan pada truk engkel empat roda seperti Mitsubishi Colt Diesel seri FE71, Hino Dutro 110SD, atau Isuzu Elf NLR 5TX.

"Dry Box Honeycomb ini terbuat dari honeycomb panel yang merupakan papan fiber Polypropylene ringan dan kuat," jelas Theo Wibisono, Managing Direktur SSD.

Ia juga menambahkan bahwa material honeycomb pada bagian board panel merupakan bahan box truk yang masih jarang digunakan di Indonesia. Tapi telah teruji keberadaannya selama kurang lebih 5 tahun di Thailand.

Tak kalah menarik untuk disimak dari bahan honeycomb ini adalah bobotnya yang jauh lebih ringan dibandingkan box truk berbahan alumunium. Selisih beratnya disebutkan mencapai sekitar 80 kg lebih ringan. 

Bobot lebih ringan tentu memberikan nilai positif jika kita melihat sisi efisensi. Hal ini dipercaya mampu memperpanjang umur dari suku cadang hingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Dry box dengan material honeycoom dalam pengaplikasiannya dirancang menggunakan rangka alumunium sebagai penguat tambahan. Bisa terlihat dari bagian dalam (indoor box) dan tak ketinggalan pada bagian lantai digunakan material besi.

Dengan beberapa keunggulan di atas, boleh dibilang dry box berbahan honeycomb cocok digunakan di Indonesia dalam menjawab regulasi pemerintah dalam pembatasan berat kendaraan di jalan raya. Intinya dengan bobot kendaraan angkut yang semakin ringan, tentu akan membawa banyak dampak positif dari mulai perawatan dan konsumsi bbm hingga mungkin dalam menjaga kondisi aspal jalan.

“Sesuai dengan komitmen kami, SSD akan selalu memberi kemudahan dan dukungan bagi para pelanggan kami dengan melalukan inovasi pada produk serta layanan kami. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Dry Box Honeycomb pertama di Indonesia”, kata David Takao, Komisaris SSD.

  • Logo Tags:

Artikel Terkait