Fakta Menarik Toyota Avanza Terbaru, Pakai CVT dan FWD

Toyota Avanza terbaru dikabarkan akan menggunakan mesin penggerak roda depan dan transmisi otomatis model CVT

Fakta Menarik Toyota Avanza Terbaru, Pakai CVT dan FWD
Photo: Youtube

TRENOTO – Toyota Avanza terbaru kabarnya akan segera diluncurkan ke Tanah Air. Hal ini terungkap berkat munculnya sebuah dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.40 tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2021.

Di dalam dokumen tersebut hanya ditampilkan kode-kode yang dipercaya sebagai kode dari Toyota Avanza terbaru. Menariknya pada kode tersebut tersirat bahwa Toyota Avanza terbaru akan menggunakan teknologi penggerak roda depan.

Dengan menggunakan mesin berpenggerak roda depan, akan menjadi sebuah gebrakan baru bagi low MPV andalan Toyota. Karena selama ini Avanza diunggulkan karena menggunakan penggerak roda belakang.

Selama ini Toyota bersikukuh bahwa Avanza lebih disukai konsumen karena memiliki kemampuan menanjak lebih baik. Performa inilah yang akhirnya membuat Avanza lebih cocok untuk konsumen di daerah.

Namun di balik semua itu, mobil penggerak roda depan dianggap lebih ekonomis. Dikutip dari laman resmi Toyota Astra Motor, kendaraan FWD lebih mampu membuat penggunaan bahan bakar secara efisien.

Hal ini dikarenakan penyaluran daya mesin ke roda depan akan lebih singkat dan minim tenaga terbuang. Daripada penggerak roda belakang (RWD) yang terlalu panjang proses distribusi tenaganya.

Selain itu, mobil penggerak roda belakang menggunakan komponen yang lebih banyak daripada depan. Hal ini akan berimbas pada perawatan rutin atau after sales kendaraan yang lebih efisien.

Mengacu pada fakta-fakta di atas, akan tidak relevan jika Toyota masih mempertahankan mesin penggerak roda belakang. Sementara para pesaingnya sendiri telah beralih ke FWD.

Berdasarkan dari kode yang muncul, semakin mengerucut fakta bahwa Toyota Avanza terbaru akan menggunakan penggerak roda depan. Hal ini berdasarkan kode penggunaan transmisi CVT (Continious Variable Transmission).

Mesin Toyota Avanza terbaru tetap mengandalkan kapasitas 1.3L dan 1.5L. Mesin ini dipercaya selama ini mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Lalu hal menarik lainnya adalah, penggunaan platform Toyota Safety Sense (TSS). Rangkaian fitur keselamatan aktif ini sebelumnya hadir pada Raize.

Berikut bocoran Toyota Avanza terbaru yang kabarnya akan diluncurkan sebelum event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

  • W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT
  • W100RE-LMDFJ 1.3 E MT
  • W101RE-LBMFJ 1.5 G CVT
  • W101RE-LBMFJ 1.5 G CVT TSS
  • W101RE-LBSFJ 1.5 CVT
  • W101RE-LBVFJ 1.5 Q CVT
  • W101RE-LBVFJ 1.5 Q CVT TSS
  • W101RE-LMMFC 1.5 G MT
  • W101RE-LMSFJ 1.5 MT

 

Artikel Terkait