Gaikindo : Indonesia Sudah Swasembada Kendaraan Bermotor

Gaikindo menyebut bahwa saat ini Indonesia sudah mencapai swasembada kendaraan bermotor dan memenuhi kebutuhan ekspor

Gaikindo : Indonesia Sudah Swasembada Kendaraan Bermotor
Photo: Seven Event

TRENOTO – Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menyebut bahwa saat ini Indonesia sudah mencapai swasembada kendaraan bermotor. Hal tersebut disampaikan saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Menurutnya, jumlah penjualan kendaraan bermotor di Indonesia saat ini memang lebih didominasi oleh hasil buatan dalam negeri. Bahkan Ia juga menyebut bahwa saat ini industri kendaraan bermotor di Indonesia juga sudah bisa memenuhi kebutuhan pasar ekspor.

“Dengan dukungan Pemerintah melalui relaksasi pajak, industri otomotif telah mencapai pertumbuhan yang positif. Bila dibandingkan antara Januari hingga Oktober 2021 dengan periode yang sama tahun lalu tercatat penjualan kendaraan naik 68 persen,” ungkapnya.

Setidaknya ada 36 kendaraan produksi dalam negeri dengan konten lokal lebih dari 60 persen yang mendapatkan relaksasi pajak tersebut. Tentunya ini cukup untuk mendongkrak penjualan kendaraan di Tanah Air.

Ia juga menyebut bahwa saat ini jumlah ekspor kendaraan juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu. Setidaknya pada Januari-September 2021, jumlah ekspor kendaraan CBU telah naik 33 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Lebih lanjut penjualan kendaraan bermotor diprediksi akan tumbuh lebih baik dari tahun sebelumnya. Hal ini dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Dari otomotif, tahun kemarin dilaporkan angka penjualan mencapai 530 ribu. Tahun ini penjualan bisa mencapai 850 ribu unit,” kata Airlangga.

GIIAS 2021 diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. 24 merek kendaraan sudah memastikan diri untuk ikut meramaikan acara dengan menampilkan produk-produk andalannya.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, GIIAS 2021 akan dibagi dalam dua sesi yakni khusus bagi undangan VIP dan pers pada 11 November 2021 mulai pukul 12.00 – 14.00 WIB. Lalu untuk umum, GIIAS 2021 akan dibuka sebanyak tiga tahapan setiap harinya.

  • Tahap pertama 11.00 – 14.00 WIB
  • Tahap kedua 14.00 – 17.00 WIB
  • Tahap ketiga 17.00 – 20.00 WIB

Tak hanya itu, pengunjung juga tidak bisa lagi membeli tiket GIIAS secara langsung di lokasi. Penjualan tiket hanya dilayani secara online melalui aplikasi GIIAS Auto360. Langkah ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan saat pembelian tiket. Dan berikut adalah daftar harga tiket GIIAS 2021.

  • Harga tiket hari biasa (Senin – Jumat) Rp 50.000
  • Harga tiket akhir pekan (Sabtu – Minggu) Rp 100.000
  • Harga tiket VIP Rp 200.000

Artikel Terkait